Sukses


Tertua dan Termuda di Timnas Indonesia Saat Hadapi Bangladesh: Fachruddin Aryanto Kawal Pertahanan, Marselino Ferdinan Bantu Serangan

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia bakal menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba internasional FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/2022).

Ada 29 pemain masuk dalam daftar panggil Shin Tae-yong dengan sebaran pemain berpengalaman dan muda yang cukup merata.

Bisa dibilang ada pemain dari beda generasi yang coba disatukan oleh Shin Tae-yong dalam laga yang dijalani Timnas Indonesia kali ini. Mewakili para pemain muda, ada Marselino Ferdinan yang tercatat sebagai pemain termuda dalam skuad ini, yaitu 17 tahun.

Sementara pemain tertua memiliki selisih mencapai 16 tahun dari Marselino, yaitu Fachruddin Aryanto yang sudah berusia 33 tahun.

Fachruddin Aryanto yang juga merupakan kapten Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 dan kini kembali dipercaya oleh Shin Tae-yong untuk masuk dalam tim.

2 dari 6 halaman

Shin Tae-yong Tak Memandang Usia

Kombinasi pemain muda dan senior diharapkan bisa membuat permainan Timnas Indonesia menjadi lebih baik. Proses regenerasi juga berjalan, karena pemain senior diharapkan bisa menularkan pengalaman kepada pemain muda.

Apalagi Shin Tae-yong tidak memandang pemain dari usia. Marselino Ferdinan bahkan mulai mendapatkan kesempatan reguler di lini tengah saat memperkuat Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Sementara Fachruddin selalu menjadi pilihan utama di lini belakang dan menjadi kapten tim.

Tentu menarik melihat bagaimana kedua pemain yang memiliki rentang usia berbeda generasi itu akan menghadapi Bangladesh pada malam nanti.

3 dari 6 halaman

Marselino Ferdinan, Matang Melebihi Usianya

Meski masih berusia 17 tahun, Marselino Ferdinan memiliki permainan yang lebih matang dari usianya. Permainannya lebih tenang karena di klubnya, Persebaya Surabaya, Marselino lebih sering dipasang sebagai starter pada musim lalu. Jadi bisa dibilang dia sudah ditempa lewat BRI Liga 1.

Ketika menghadapi Bangladesh, ada kemungkinan dia mendapatkan kesempatan bermain. Gelandang yang lebih senior, Evan Dimas, saat ini belum bergabung bersama Timnas Indonesia karena cedera hamstring.

Jadi posisi gelandang bisa didapatkan oleh Marselino. Andai tidak menjadi starter, besar kemungkinan dia menjadi pemain pengganti di babak kedua.

 

4 dari 6 halaman

Bukan Laga Debut

Ini bukan kali pertama Marselino mendapatkan panggilan Timnas Indonesia senior. Ia menjalani debut saat menghadapi Timor Leste di FIFA Matchday pada Januari 2022.

Nama Marselino sebenarnya mencuat pada 2021. Waktu itu namanya masuk dalam 60 wonderkid terbaik dunia versi media Inggris, The Guardian. Kini ramalan itu terbukti. Dia sudah membela Timnas Indonesia senior sejak usia 17 tahun dan punya 2 caps hingga sejauh ini.

5 dari 6 halaman

Kepemimpinan Fachruddin Aryanto

Usianya sudah mencapai 33 tahun dan menjadi pemain paling senior di Timnas Indonesia untuk menghadapi Bangladesh. Dari segi tenaga, ia mungkin tak seperti 3 atau 5 tahun lalu, tapi Shin Tae-yong masih menjadikannya seorang bek terbaik di Tanah Air.

Ketika tampil di Piala AFF 2020 dan SEA Games 2021, bek Madura United itu kerap menjadi opsi utama.

Namun, beberapa waktu ke depan mungkin posisinya akan tergeser. Kini Timnas Indonesia memiliki Elkan Baggott dan dalam waktu dekat ada Jordi Amat yang tengah menyelesaikan proses naturalisasi.

Dari segi usia, kedua pemain itu jauh di bawah Fachruddin. Tapi, dari pengalaman level internasional, Jordi Amat dan Elkan Baggott cukup baik, di mana keduanya berkarier di kompetisi Eropa.

 

6 dari 6 halaman

Bakal Tetap Jadi Andalan Saat Hadapi Bangladesh

Namun saat FIFA Matchday melawan Bangladesh, kemungkinan besar Fachruddin masih dapat kesempatan tampil. Pemain lain seperti Elkan dan Jordi Amat masih dalam masa adaptasi.

Elkan absen di SEA Games karena tak dapat ijin dari klubnya, Ipswich Town. Sedangkan Jordi Amat baru sekarang datang ke Indonesia. Jadi dia belum banyak tahu tentang cara bermain rekan-rekannya.

Kondisi itu yang akan membuat Fachruddin tetap dapat tempat saat lawan Bangladesh. Fachruddin punya 40 caps dengan Timnas Indonesia. Itu jadi garansi jika dia sudah paham betul karakter bermain negaranya.

Video Populer

Foto Populer