Sukses


Hasil Uji Coba Jelang BRI Liga 1: Carlos Fortes Cetak Brace, PSIS Tekuk Arema FC

Bola.com, Semarang - Brace Carlos Fortes membuat PSIS Semarang berpesta kala meladeni Arema FC pada uji coba jelang BRI Liga 1, Sabtu (4/6/2022) di Stadion Jatidiri. Laskar Mahesa Jenar menang 2-1 sekaligus membalaskan kekalahan pada pertemuanĀ pertama di Malang.

PSIS Semarang memimpin lebih dulu pada awal babak kedua. Jayus Hariono sempat menyamakan kedudukan, tapi gol Carlos Fortes jelang laga berakhir menutup pesta denganĀ flare yang menyala di seluruh penjuru Stadion Jatidiri.

Babak I

Dalam laga ini, Carlos Fortes jadi satu-satunya pemain asing yang diturunkan PSIS karena gelandang serang Taisei Marukawa absen lantaran kondisinya kurang fit. Sementara Arema FC menurunkan tiga asingnya, Adilson Maringa, Sergio Silva dan Renshi Yamaguchi.

Selain itu, mayoritas pemain inti seperti Bagas Adi, Ahmad Alfarizi, Dendi Santoso dan Adam Alis juga turun sejak menit awal.

Lima menit awal, PSIS punya peluang emas lebih dulu. Bermula dari salah umpan bek kiri, Rendika Rama, bola jatuh di kaki Fortes yang berdiri bebas didepan kotak penalti. Tapi tendangan plessingnya bisa ditepis kiper Arema, Adilson Maringa.

Satu menit berselang, Arema membalasnya lewat serangan cepat. Umpan Dedik Setiawan disambut tendangan keras Dendi Santoso yang ada di dalam kotak penalti. Namun tendangannya masih menerpa mistar gawang.

Setelah itu, PSIS mulai mendominasi permainan. Meski materi pemainnya kalah pengalaman, mereka bisa merepotakan Arema FC. Menit 21, tembakan keras Reza Arfana hampir menembus gawang Arema. Tapi Maringa lagi-lagi bisa menyelamatkan gawangnya. Babak pertama harus berakhir imbang tanpa gol.

Ā 

2 dari 5 halaman

Babak II

Awal babak kedua, belum ada perubahan komposisi pemain di PSIS maupun Arema FC. Di menit 47', gawang Arema FC dijebol Carlos Fortes. Sebuah gol berbau keberuntungan. Karena bola tendangannya sempat membentur kaki Maringa tapi memantul ke wajah Fortes dan bola meluncur ke gawang.

Menit 50', Arema FC menyamakan kedudukan. Bermula dari crossing Dendi Santoso di sisi kiri pertahanan PSIS, Jayus Hariono berhasil memperdaya kiper PSIS, Ray Redondo dengan tandukannya. Skor 1-1 membuat tempo permainan meningkat. Arema FC memperkuat lini tengahnya dengan memasukkan pemain bintangnya, Evan Dimas di menit 54'.

PSIS punya kans kembali unggul di menit 57'. Oktafianus Fernando dapat bola liar diluar kotak penalti. Tapi tendangannya melambung. Padahal gawang sudah ditinggal kiper Arema FC, Adilson Maringa sempat berduel dengan pemain PSIS.

Menit 71, Fortes kembali mengancam gawang Arema FC. Namun tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti ditepis Maringa.

Menit 85', untuk kali kedua Fortes menjebol gawang Arema FC. Sebuah peluang didalam kotak penalti berhasil diselesaikan dengan tembakan ke sudut kanan gawang. Maringa dibuat mati langkah oleh mantan rekannya tersebut. Gol itu sekaligus jadi penentu kemenangan PSIS dengan skor 2-1. Ini sekaligus membalas kekalahan di Malang dalam uji coba leg pertama.

Ā 

3 dari 5 halaman

Kembali Masalah Flare

Sayangnya ada insiden yang terjadi di Stadion Jatidiri, Semarang. Setelah PSIS mencetak gol kedua, laga tertunda karena asap flare dari suporter yang ada di tribun.

Asap tersebut mengganggu jarak pandang di lapangan. Sehingga pertandingan ditunda 10 menit. Sebenarnya di awal babak kedua, asap flare sempat mengganggu. Tapi laga hanya ditunda beberapa menit saja karena flare yang dinyalakan suporter tak terlalu banyak.

Persoalan flare ini sebenarnya juga terjadi saat uji coba pertama di Stadion Gajayana. Momennya juga sama. Pertandingan dihentikan dua kali. Ini yang akan jadi catatan panpel kedua tim. Karena saat kompetisi bergulir, flare jadi barang haram saat dinyalakan didalam stadion.

Ā 

4 dari 5 halaman

Susunan Pemain

  • PSIS (4-3-3): Ray Redondo (kiper); Fredyan Sugiantoro, Wahyu Prasetyo, Shiya Buddin, Frendi Saputra (belakang), Eka Febri, Guntur Triaji, Reza Irfana (tengah): Oktavianus Fernando, Carlos Fortes, Hari Nur Yulianto (depan).
  • Pelatih: Achmad Resal Octavian.
  • Arema FCĀ (4-2-1-3): Adilson Maringa (kiper); Ahmad Alfarizi, Sergio Silva, Bagas Adi, Rendika Rama (belakang); Renshi Yamaguchi, Jayus Hariono; Gian Zola (tengah); Dendi Santoso, Dedik Setiawan, Adam Alis (depan).
  • Pelatih: Eduardo Almeida.
5 dari 5 halaman

Posisi PSIS Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer