Sukses


Turnamen Pramusim Liga 1: Permintaan Persebaya untuk Pindah Grup Tidak Digubris, Ini Kata Aji Santoso

Bola.com, Jakarta - Manajemen Persebaya Surabaya sempat mengirim surat keberatan terkait penyelenggaraan turnamen pramusim 2022. Hal ini berkaitan dengan venue pertandingan sesuai undian yang didapat Persebaya.

Klub Bajul Ijo tergabung di Grup C yang dimainkan di Bandung. Mereka akan bersaing dengan tiga tim penghuni lima besar Liga 1 2021/2022 lainnya, yakni Persib Bandung, Bhayangkara FC, dan Bali United. Tapi, bukan ini masalahnya.

Lokasi pertandingan di Bandung sebenarnya mempermudah panpel karena suporter Bonek memiliki hubungan persaudaraan yang baik dengan bobotoh Persib. Namun, hal ini justru akan melahirkan masalah.

Kondisi persaudaraan Bonek dengan Bobotoh Persib itu dikhawatirkan akan melahirkan masalah baru. Sebab, Bonek berpotensi akan menggeruduk Kota Kembang demi bisa menyaksikan timnya bertanding.

Bonek yang berbasis di berbagai daerah, terutama Jawa Timur, akan berada di Bandung selama fase grup. Itu juga belum termasuk Bonek yang berbasis di Jawa Barat yang berpotensi akan meramaikan ibukota Jawa Barat tersebut.

 

2 dari 6 halaman

Permintaan Tidak Dipenuhi

Namun, tampaknya permintaan Persebaya itu tidak bisa dipenuhi dan tetap harus bertanding di Bandung. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, tidak gentar walaupun harus menghadapi tantangan tak mudah.

"Saya mendapatkan informasi (Persebaya) akan dipindah ke Grup B di Samarinda. Tapi, saya kemudian mendapatkan informasi dari manajer bahwa Persebaya tetap di Grup C (Bandung)," kata Aji Santoso.

"Tidak ada masalah, saya sudah sampaikan Persebaya main di mana pun siap,” ucapnya.

 

3 dari 6 halaman

Grup Neraka

Julukan “grup neraka” pun diberikan Grup C ini. Sebab, empat klub adalah penghuni lima besar Liga 1 2021/2022. Bali United adalah kampiun, Persib Bandung berstatus runner-up, sedangkan Bhayangkara menduduki peringkat ketiga klasemen akhir.

Persebaya jadi klub dengan posisi klasemen paling rendah dengan berada di peringkat kelima. Tapi, bukan berarti anak asuh Aji Santoso itu tidak berbuat banyak menghadapi klub-klub papan atas itu musim lalu.

 

4 dari 6 halaman

Aji Santoso Senang Bertemu Tim Kuat

Apakah Aji tidak khawatir Persebaya gagal menembus fase gugur berjumpa klub-klub dengan peringkat di atasnya?

"Justru saya senang karena sebelum kompetisi kami sudah menghadapi lawan-lawan yang memang papan atas di Indonesia. Paling tidak, saya berusaha maksimal untuk bisa lolos (dari fase grup),” ucapnya.

"Yang jelas semua berat. Kami kompetisi kemarin belum pernah menang lawan Bhayangkara. Tetapi, dua lawan Persib Bandung dan Bali United tidak menang melawan kami. Menurut saya empat tim ini seru,” ungkap Aji Santoso.

 

 

5 dari 6 halaman

Rapor Persebaya

Persebaya memang selalu kalah melawan Bhayangkara musim lalu. Dua kali bertemu The Guardian mampu unggul masing-masing dengan skor 1-0 dan 2-1.

Di sisi lain, Persebaya justru tak pernah kalah melawan Persib Bandung. Sempat menang 3-0 di putaran pertama, Bajul Ijo bermain imbang 1-1 kontra Maung Bandung.

Menariknya hasil pertemuan dominan terjadi saat Persebaya melawan Bali United. Sebagai klub kampiun, Serdadu Tridatu selalu kalah kontra Bajul Ijo. Persebaya bahkan satu-satunya klub yang tidak kehilangan poin saat menghadapi Bali United.

 

6 dari 6 halaman

Peserta Turnamen Pramusim

Turnamen pramusim yang belum resmi diberi nama ini akan diikuti oleh 18 klub Liga 1 2022/2023 yang terbagi dalam empat grup. Seperti disebutkan, Grup C diisi oleh empat klub besar dengan laga dimainkan di Bandung.

Lalu, terdapat Grup A dengan venue di Solo akan dihuni oleh Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, PSS Sleman, dan Persita Tangerang.

Grup B sendiri jadi satu-satunya kelompok yang akan dimainkan di luar Jawa, tepatnya Samarinda, Kalimantan Timur. Tuan rumah Borneo FC akan bersaing dengan Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon, dan Madura United.

Terakhir, Grup D dimainkan di Malang dengan mempertemukan Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, dan Persik Kediri.

Video Populer

Foto Populer