Sukses


Mengenang Gol Salto Widodo C Putro saat Laga Timnas Indonesia Vs Kuwait

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Asia 2023 menghadapi Kuwait pada Rabu (8/11/2022) malam WIB.

Bicara Kuwait, tentu memori tendangan salto Widodo C Putro tak akan lekang oleh waktu. Peristiwa itu terjadi pada Piala Asia 1996 di Uni Emirat Arab.

Menariknya, saat itu Timnas Indonesia juga melakoni pertandingan pertama. Sehingga tidak mengherankan, gelaran Piala Asia langsung menyita perhatian.

Widodo C Putro merupakan striker legendaris Timnas Indonesia yang kini meneruskan kariernya sebagai pelatih di Persita Tangerang. Sebelumnya, ia pernah mengarsiteki Bali United.

 

2 dari 5 halaman

Kronologis Gol Indah Widodo C Putro

Indonesia menghadapi Kuwait di laga perdana di Abu Dhabi. Indonesia memecah kebuntuan melalui gol spektakuler Widodo. Mendapat umpan silang Ronny Wabia dari sisi kanan lapangan, bola jatuh di belakang Widodo C Putro.

Dengan insting mencetak golnya yang tinggi dan naluri terasah, Widodo membalikkan badan membelakangi gawang dan menyambar bola dengan tendangan salto.

Bola meluncur deras dan tak mampu dijangkau kiper Kuwait. Gol spektakuler dari seorang Widodo C Putro itu terpilih sebagai gol terbaik di event Piala Asia saat itu.

 

3 dari 5 halaman

Rahasia di Balik Gol Sensasional Widodo

Setelah 24 tahun berlalu, Widodo masih mengenang gol indah tersebut. Ia mengaku gol ke gawang Kuwait tersebut menjadi satu momen terindah dalam perjalanan kariernya di sepak bola.

Widodo C Putro membeberkan rahasia di balik gol indahnya itu dalam sebuah video di channel YouTube Omah Balbalan. Kebiasaannya menganalisis apa yang harus dilakukan sebelum pertandingan, menjadi kunci ia dapat mencetak gol indah.

"Jadi waktu turnamen itu kami sempat mempelajari mempelajari permainan tuan rumah melawan Korsel. Indonesia bertanding di laga berikutnya, saya berdoa kepada Tuhan, karena ingin sesuatu yang lebih di pertandingan nanti," ungkap Widodo C Putro.

 

4 dari 5 halaman

Sudah Dibayangkan pada Malam Sebelum Bertanding

Malam sebelum pertandingan, Widodo melakukan visualisasi, tentang bagaimana jika ada gerakan bola dan apa yang harus ia lakukan. Menurut dia, gerakan bola terjadi sepersekian detik sehingga harus cepat memutuskan.

"Karena gerakan bola lebih cepat dari pikiran kita. Jadi saya memvisualisasikannya sebelum tidur. Sehingga ada kejadian itu cepat mengambil keputusan," kata dia.

"Belum terbayang, hanya visualisasi ada bola itu apa yang harus saya lakukan, ada unsur spontanitas," lanjut Widodo C Putro.

 

5 dari 5 halaman

Dinobatkan Jadi Gol Terbaik

Saking indahnya, gol tersebut dinobatkan menjadi yang terbaik di AFC Bracket Challenge pada September 2020. Widodo dipilih oleh mayoritas voters.

Pelatih Kuwait saat itu, Milan Macala, tanpa sungkan memuji habis gol yang dicetak Widodo ke gawang timnya sendiri.

"Kungfu goal! saya tiga kali memimpikan gol tersebut," ucap Macala dikutip dari Tabloid BOLA edisi minggu kedua Desember 1996.

Video Populer

Foto Populer