Sukses


4 Klub 5 Besar BRI Liga 1 Musim Lalu di Grup C Piala Presiden 2022, PT LIB Sebut Tidak Ada Settingan

Bola.com, Jakarta - Gara-garap PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak menganut pot unggulan dalam pengundian Piala Presiden 2022, Grup C di babak penyisihan diisi oleh empat klub yang berada di lima besar BRI Liga 1 2021/2022.

Bali United selaku juara BRI Liga 1 musim lalu, Persib Bandung sebagai runner-up, Bhayangkara FC di peringkat ketiga, dan Persebaya Surabaya pada posisi kelima berkumpul di Grup C Piala Presiden 2022.

PSSI dan PT LIB tidak mampu menerapkan sistem pot di Piala Presiden 2022. Namun, keduanya malah bisa membuat dua pembatasan yang bikin beberapa klub tidak bertemu satu sama lain dan berada di grup tertentu.

"Itulah hasil drawing. Tidak ada settingan. Tidak ada apa pun yang kami mau," kata Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita.

"Itu adalah hasil dari limitasi. Misalnya, satu klub tidak boleh satu grup dengan klub lain. Memang ada grup yang berat katanya," jelas Lukita.

2 dari 5 halaman

Jika Ada Pot, Kemungkinan Tidak Ada Grup Neraka

PT LIB dan PSSI telah menggelar drawing Piala Presiden 2022 pada 29 Mei 2022. Sebanyak 18 kesebelasan yang berasal dari peserta BRI Liga 1 dibagi ke empat grup.

Grup A dan B dihuni oleh lima tim, sementara Grup C dan D diisi dengan empat klub.

Umumnya, penyelenggara membagi kontestan ke dalam sejumlah pot yang berisi tim unggulan dan non-unggulan sebelum melakukan pengundian dalam suatu turnamen.

Patokan penempatan pot dapat ditentukan berdasarkan dari peringkat tim pada musim lalu atau pada turnamen pramusim sebelumnya.

Namun, PT LIB dan PSSI mengacuhkan kebiasaan tersebut dalam drawing Piala Presiden 2022.

Andai PT LIB dan PSSI melakukan pembagian pot lebih dulu, bentrok empat klub yang berada di lima besar BRI Liga 1 2021/2022 kemungkinan tidak akan terjadi di babak penyisihan Piala Presiden 2022.

3 dari 5 halaman

PSSI Tidak Punya Acuan

Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto mengatakan bahwa pihaknya tidak punya referensi untuk menentukan pembagian pot Piala Presiden 2022 karena menganggap hasil kompetisi musim lalu tidak dapat menjadi rujukan.

"Mengapa tidak ada pembagian pot? Saya bertanya, apa yang menjadi acuan kami untuk menentukan mereka ada di pot pertama, kedua, hingga ketiga?" kata Iwan.

"Sebab, mereka semua sekarang bertanding memakai pemain baru, pemain-pemainnya bagus-bagus. Kemudian pada kompetisi terakhir misalnya, peringkat satu, dua, dan tiga tidak bisa menjadi acuan."

"Mengapa demikian? Sebab ini turnamen. Apalagi jika kami memakai acuan tim yang bermain di Piala Presiden 2019, tidak bisa juga. Karena pesertanya sudah berubah," ujar pria yang karib dipanggil IB tersebut.

4 dari 5 halaman

Malah Bisa Bikin Pembatasan

PT LIB membuat beberapa kebijakan. Misalnya terhadap Bali United dan PSM Makassar. Karena kedua tim itu berkancah di Piala AFC 2022, keduanya tidak dapat tergabung di grup yang berisikan lima tim.

PT LIB dan PSSI juga melarang Persija Jakarta satu grup dengan Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2022. Dalam praktiknya, tim berjuluk Macan Kemayoran itu juga tidak boleh bentrok dengan Persib Bandung di penyisihan grup.

"Sehingga, kami memberikan arahan kepada PT LIB agar menggelar drawing dengan dua limitasi tadi. Setelah itu, beginilah hasilnya," papar Iwan Budianto.

5 dari 5 halaman

Pembagian Grup Piala Presiden 2022

Grup A (Solo): Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B (Samarinda): Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, RANS Cilegon FC, Madura United

Grup C (Bandung): Persib Bandung, Bhayangkara FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Grup D (Malang): Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri

Video Populer

Foto Populer