Sukses


Kalahkan Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023, Bagaimana Peluang Timnas Indonesia untuk Lolos?

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia menempati posisi kedua Grup A kualifikasi ketiga Piala Asia 2023. Kemenangan atas Kuwait pada laga perdana yang berlangsung Rabu (8/6/2022) malam WIB lalu jadi penyebabnya.

Kemenangan dengan skor 2-1 di Jaber Al-Ahmad International Stadium itu membuat Tim Garuda mendulang tiga poin. Timnas Indonesia hanya kalah selisih gol dari Yordania yang memimpin Grup A.

Pengamat sepak bola nasional, Aris Budi Sulistyo, menyebut peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final cukup besar. Apalagi, menjadi satu dari lima runner-up terbaik dari setiap grup bisa melenggang ke putaran final Piala Asia tahun depan.

Namun, ada satu hal penting yang disoroti Aris Budi, yakni konsistensi yang harus terus ditampilkan skuad asuhan Shin Tae-yong tersebut.

“Soal peluang Timnas Indonesia untuk lolos jelas ada dan besar, namun kuncinya ada pada konsistensi permainan. Saya yakin Shin Tae-yong dengan pasukannya terus fokus di setiap pertandingannya,” kata Aris Budi kepada Bola.com.

 

2 dari 5 halaman

Manfaatkan Momentum

Sebelum kualifikasi ketiga Piala Asia 2023 dimulai, Timnas Indonesia tidak begitu diunggulkan pada Grup A. Indonesia diperkirakan hanya bakal menempati posisi ketiga klasemen akhir.

Namun, kenyataannya pada laga perdana Rachmat Irianto dan kolega menang melawan Kuwait. Aris Budi menilai momentum bagus tersebut harus bisa dijaga dan dimanfaatkan oleh Timnas Indonesia.

“Sepak bola juga bukan matematika, Timnas Indonesia bisa menahan Kuwait sepertinya juga sudah bagus, tapi malah diberikan kemenangan. Apalagi Kuwait sebagai tuan rumahnya, Indonesia harus bisa memanfaatkan berbagai keuntungannya saat ini,” tegasnya.

 

3 dari 5 halaman

Jangan Terbawa Euforia

Kemenangan atas Kuwait memang bersejarah. Kemenangan ini pantas dirayakan oleh para pemain Timnas Indonesia.

Namun, Aris Budi Sulistyo mengingatkan agar euforia yang terjadi tidak terlalu berlebihan. Aris Budi meminta para pemain untuk langsung fokus menghadapi dua laga sisa.

"Saya rasa sudah cukup untuk merayakan euforia kemenangan atas Kuwait. Masih ada dua pertandingan ke depan yang tidak kalah sulitnya. Terutama Yordania yang baru saja mengalahkan Nepal," pintanya.

 

4 dari 5 halaman

Koleksi 4 Poin

Aris Budi Sulistyo juga merasa Timnas Indonesia punya potensi mengamankan empat poin di dua laga sisa. Satu dari laga melawan Yordania, sementara tiga poin bisa diraih saat melawan Nepal.

“Target satu poin atas Yordania, kemudian bisa mengalahkan Nepal di laga terakhir, saya kira sudah cukup membuat Timnas Indonesia lolos ke fase berikutnya," tandas eks asisten pelatih Persik Kediri itu.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Berikutnya Timnas Indonesia:

Minggu, 12 Juni 2022

Timnas Indonesia vs Yordania

  • Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City
  • Kick-off: pukul 02.15 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar dan Nex Parabola
  • Live streaming: Vidio

Rabu, 15 Juni 2022:

Timnas Indonesia Vs Nepal

  • Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait City
  • Kick-off: pukul 02.15 WIB
  • Siaran langsung: Indosiar dan Nex Parabola
  • Live streaming: Vidio

Video Populer

Foto Populer