Sukses


15 Pemain Asia Tenggara Beredar di Liga Jepang 2022, Termasuk Bintang Timnas Indonesia Pratama Arhan

Bola.com, Jakarta - Tak ada batasan berapa banyak pemain asing yang boleh direkrut setiap kontestan Liga Jepang J.League 2022. Namun dalam setiap pertandingan, tim peserta hanya diperbolehkan maksimal membawa lima legiun impor.

Tapi, aturan tersebut tak berlaku untuk negara-negara yang bekerja sama dengan Liga Jepang. Termasuk negara-negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, Malaysia, Kamboja, Singapura, dan Indonesia.

Artinya, pemain yang berasal dari negara-negara tersebut statusnya tak dihitung sebagai pemain asing. Oleh sebab itu pada hari pertandingan, mereka tak masuk dalam hitungan maksimal lima legiun impor tadi.

Aturan ini membuat banyak klub J.League 2022 merekrut pemain-pemain asal Asia Tenggara. Tercatat, ada 15 pesepakbola dari ASEAN yang bermain di tiga kasta J.League, mulai dari J1, J2, hingga J3.

 

2 dari 5 halaman

4 Pemain di J1 League

Ada empat pemain Asia Tenggara di J1 League atau kompetisi kasta tertinggi sepak bola Jepang. Tiga di antaranya berasal dari Thailand, yaitu Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Chaowat Veerachat.

Musim ini, Chanathip Songkrasin akan memperkuat Kawasaki Frontale, raksasa Jepang yang dalam lima musim terakhir empat kali menjuarai J1 League. Sebelumnya, ia bermain untuk kontestan J1 League lainnya, Hokkaido Consadole Sapporo.

Setelah kehilangan Chanathip Songkrasin, Hokkaido Consadole Sapporo kemudian merekrut pemain Thailand lainnya yaitu Supachok Sarachat. Ia dipinjam dari tim Thailand, Buriram United.

Nama terbaru dari Thailand yang mencoba peruntungan di Negeri Sakura adalah Chaowat Veerachat. Ia dipinjam oleh Cerezo Osaka dari BG Pathum United.

Pemain dari Asia Tenggara lainnya yang berkiprah di J1 League adalah Dang Van Lam. Kiper utama Timnas Vietnam itu sudah membela Cerezo Osaka sejak musim lalu setelah hengkang dari Muangthong United.

3 dari 5 halaman

6 Pemain di J2 League

Beralih ke kasta kedua atau J2 League, ada enam pemain asal Asia Tenggara. Keenamnya yaitu Jefferson Tabinas, Paul Tabinas, Vu Hong Quan, Pham Van Luan, Sittichok Paso, dan Pratama Arhan.

Dua nama yang disebutkan paling awal merupakan kakak beradik asal Filipina. Namun, keduanya lahir di Jepang dan punya ayah orang Ghana serta ibu dari Filipina.

Musim ini, Jefferson Tabinas akan memperkuat Mito Hollyhock. Sementara Paul Tabinas bermain untuk Iwate Grulla.

Lalu untuk Vu Hong Quan (Vietnam), Pham Van Luan (Vietnam), dan Sittichok Paso (Thailand), akan bermain di FC Ryukyu. Sedangkan Pratama Arhan yang merupakan pemain andalan Timnas Indonesia pada musim ini diboyong Tokyo Verdy dari PSIS Semarang.

4 dari 5 halaman

5 Pemain di J3 League

Di kasta ketiga atau J3 League, ada lima pemain Asia Tenggara yang terdaftar. Kelimanya yaitu Hadi Fayyadh, Bui Ngoc Long, Nguyen Van Son, Nguyen Ngoc Hau, dan Ryu Nugraha.

Hadi Fayyadh bermain untuk Azul Claro Numazu. Penggawa Timnas Malaysia ini sudah memperkuat tim tersebut sejak musim lalu.

Bui Ngoc Long, Nguyen Van Son, dan Nguyen Ngoc Hau juga memperkuat Azul Claro Numazu. Ketiganya adalah pemain asal Vietnam.

Lalu Ryu Nugraha adalah kiper asal Indonesia. Ia terdaftar dalam skuad AC Nagano Parceiro.

5 dari 5 halaman

Daftar Lengkap Pemain Asia Tenggara di Liga Jepang 2022

J1 League

  • 1. Chanathip Songkrasin (Thailand) - Kawasaki Frontale
  • 2. Supachok Sarachat (Thailand) - Hokkaido Consadole Sapporo
  • 3. Chaowat Veerachat (Thailand) - Cerezo Osaka
  • 4. Dang Van Lam (Vietnam) - Cerezo Osaka

J2 League

  • 1. Jefferson Tabinas (Filipina) - Mito Hollyhock
  • 2. Paul Tabinas (Filipina) - Iwate Grulla Morioka
  • 3. Sittichok Paso (Thailand) - FC Ryukyu
  • 4. Vu Hong Quan (Vietnam) - FC Ryukyu
  • 5. Pham Van Luan (Vietnam) - FC Ryukyu
  • 6. Pratama Arhan (Indonesia) - Tokyo Verdy

J3 League

  • 1. Hadi Fayyadh (Malaysia) - Azul Claro Numazu
  • 2. Bui Ngoc Long (Vietnam) - Azul Claro Numazu
  • 3. Nguyen Van Son (Vietnam) - Azul Claro Numazu
  • 4. Nguyen Ngoc Hau (Vietnam) - Azul Claro Numazu
  • 5. Ryu Nugraha (Indonesia) - AC Nagano Parceiro

Video Populer

Foto Populer