Sukses


Bernardo Tavares Memilih Realistis Sikapi Peluang PSM di Piala AFC 2022

Bola.com, Shah Alam - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares memilih realistis dalam menyikapi peluang timnya di Grup H Piala AFC 2022.

Menurut pria berpaspor Portugal itu, kondisi timnya berbeda dengan dua pesaingnya di Grup H yakni Tampines Rovers (Singapura) dan Kuala Lumpur City (Malaysia).

"Saat ini, saya sedang membangun tim yang materinya berbeda dari musim sebelumya. Mayoritas pemain yang datang berasal dari Liga 2 dan akademi PSM Makassar," kata Bernardo Tavares kepada awak media di Stadion Mini Shah Alam, Rabu (22/6/2022) petang.

Sebaliknya, Kuala Lumpur City dan Tampines Rovers tengah berada dalam suasana kompetisi di negara masing-masing.

2 dari 5 halaman

Grafik Meningkat

Meski begitu, Bernardo Tavares mengaku puas dengan penampilan Wiljan Pluim dan kolega yang dinilainya menunjukkan grafik membaik. Baik pada laga uji coba mau pun Piala Presiden 2022.

"Saya juga senang dengan semangat dan motivasi yang ditunjukkan pemain di turnamen pra musim," terang Bernardo Tavares.

Seperti diketahui, PSM Makassar berhasil meraih tiket 8 Besar Piala Presiden 2022 dengan status runner-up Grup D mendampingi peringkat pertama, Arema FC.

3 dari 5 halaman

Menang

Bernardo pun tak masalah dengan status dirinya sebagai pelatih yang baru menangani PSM. Apalagi, baginya sudah berpengalaman membawa tim berkiprah di kompetisi Asia.

"Saya sudah dua kali merasakan atmosfer Liga Champions Asia dan empat kali di Piala AFC," tegas Bernardo Tavares.

Meski memilih realistis, Bernardo Tavares mengungkapkan timnya tetap berusaha untuk memenangkan dua laga mereka di Piala AFC 2022 yakni menghadapi Kuala Lumpur City, Jumat (24/6/2022) dan Tampines Rovers, Senin (27/6/2022).

"Misi PSM di AFC 2022 adalah menaikkan peringkat klub Indonesia," ungkap Bernardo Tavares.

4 dari 5 halaman

Tekad Wiljan Pluim

Hal senada dikatakan sang kapten, Wiljan Pluim.

Gelandang yang sudah memperkuat PSM sejak 2016 ini mengungkapkan persiapan timnya sangat baik untuk bersaing di Piala AFC 2022. Menurut Pluim, PSM memang kedatangan sejumlah pemain baru. Tapi, semua pemain telah menunjukkan kerja keras dalam persiapan.

"Kami bertekad tampil dengan kemampuan terbaik di Piala AFC 2022," pungkas Pluim.

5 dari 5 halaman

Jejak Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer