Sukses


Piala AFC 2022: Pelatih PSM Siapkan Kejutan Buat Kuala Lumpur City

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, mengungkapkan sudah menyiapkan kejutan saat timnya bersua tuan rumah Kuala Lumpur City FC pada laga pertama Grup H Piala AFC 2022 di Stadion KLFA, Jumat (24/6/2022).

Menurut Tavares ada sejumlah kendala dihadapi PSM Makassar yang tengah membangun tim menghadapi Piala AFC 2022 dan BRI Liga 1 2022/2023. Terutama menyatukan karakter pemain yang mayoritas datang dari Liga 2 dan Akademi PSM.

"Saya baru bergabung di PSM pada April. Tentu tak mudah buat saya dan seluruh elemen tim saling beradaptasi," kata Bernardo Tavares pada sesi jumpa media di Kuala Lumpur, Kamis (23/6/2022).

"Tetapi, dengan semangat dan kerja keras, kendala itu mulai teratasi. Saya juga berterima kasih kepada pemain lama di PSM seperti Rasyid Bakri yang menjadi motivator tim," lanjutnya.

 

2 dari 5 halaman

Semakin Membaik

Bernardo Tavares menegaskan penampilan timnya menunjukan perkembangan membaik dari hari ke hari. Tensi dan atomsfer yang tercipta di Piala Presiden 2022 juga membuat mental dan kepercayaan diri pemain makin tumbuh.

"Meski berstatus turnamen pramusim, seluruh tim tampil layaknya sebuah kompetisi. Dan seperti diketahui, PSM Makassar berhasil melewati babak penyisihan grup," terang Bernardo Tavares.

Diakui pelatih berusia 52 tahun tersebut, jadwal padat di Piala Presiden 2022 menguras fisik dan mental pemainnya. Terakhir, PSM bermain imbang tanpa gol dengan Persik Kediri (19/6/2022), dan beberapa jam setelah laga, skuad Juku Eja berkemas untuk menempuh perjalanan ke Kuala Lumpur.

"PSM tiba pada Senin (20/6/2022). Praktis, pada hari itu, kami lebih fokus mengembalikan kebugaran pemain dengan istirahat," papar Bernardo.

 

3 dari 5 halaman

Lawan Tangguh

Terkait kekuatan lawan, Bernardo mengaku sudah menyaksikan rekaman laga terakhir Kuala Lumpur (18/6/2022). Pada pertandingan itu, tim asuhan Bojan Hodak kalah dua gol tanpa balas.

Namun, Bernardo Tavares menegaskan, dirinya tak menjadikan duel tersebut sebagai acuan mutlak.

"Di mata saya, Kuala Lumpur adalah tim yang kuat. Apalagi, sebagai tuan rumah mereka memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri menghadapi PSM."

 

4 dari 5 halaman

Tekad Pemain

Pada kesempatan sama, gelandang PSM, Rasyid Bakri, mengungkapkan dirinya bersama pemain PSM lainnya bertekad mempersembahkan kemenangan buat warga Makassar dan Indonesia.

Menurut pemain asli Makassar itu, kekuatan PSM lebih baik dari musim lalu. "Memang banyak pemain yang pergi. Tapi, yang datang juga memiliki kemampuan baik. Durasi persiapan kami juga lebih bagus," tegas Rasyid.

Sosk Bojan Hodak sebagai pelatih Kuala Lumpur juga tak jadi persoalan pemain PSM. "Kami malah semakin termotivasi menunjukan permainan terbaik di hadapan coach Bojan Hodak," pungkas Rasyid.

 

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan:

Jumat, 24 Juni 2022

PSM Makassar Vs Kuala Lumpur City FC

Stadion Kuala Lumpur

Kick-off: pukul 19.00 WIB

Video Populer

Foto Populer