Sukses


3 Fakta di Balik Tersingkirnya Persija dari Piala Presiden 2022: Menyedihkan, tapi Patahkan Rekor Borneo FC

Bola.com, Samarinda - Persija Jakarta terpaksa menyingkir lebih awal dari perhelatan Piala Presiden 2022. Kekalahan 1-2 dari Borneo FC Samarinda dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Segiri, Samarinda (25/6/2022) memupus asa mereka.

Walaupun belum diperkuat dua pemain asing barunya, Persija yang bermain dengan tim utama berhasil menunjukkan kelasnya. Bahkan, mereka unggul lebih dulu lewat sontekan Ilham Rio Fahmi pada menit ke-23.

Enggan menuai malu di depan pendukungnya sendiri, Borneo FC sanggup mengejar ketertinggalan tepat menjelang turun minum. Stefano Lilipaly berhasil mencetak gol pertamanya untuk klub berjulukan Pesut Etam tersebut.

Pada akhirnya, tuan rumah berhasil melakukan comeback istimewa di babak kedua. Matheus Pato berhasil menuntaskan kerjasama dengan Kei Hirose untuk menggetarkan gawang Andritany Ardhiyasa untuk kedua kalinya pada menit ke-73.

Meskipun gagal total di turnamen pramusim ini, Persija Jakarta berhasil memupus rekor impresif Borneo FC. Berikut sederet fakta menarik dari pertandingan tersebut.

2 dari 5 halaman

Catatan Cleansheet Borneo FC Samarinda Terhenti

Sebelum pertandingan berlangsung, Borneo FC menjadi satu-satunya tim yang belum pernah kebobolan di turnamen ini. Dari dua laga, Angga Saputro selalu mampu menjaga gawangnya tetap steril.

Tetapi pada pertandingan ini, rekor tersebut akhirnya runtuh di kaki Ilham Rio Fahmi. Pemain yang berposisi sebagai bek sayap tersebut berhasil mengejar bola liar sontekan Taufik Hidayat yang gagal.

Ini merupakan gol kedua Persija Jakarta di turnamen ini. Sebelumnya, Ryohei Miyazaki yang berstatus trial berhasil mencetak sebiji gol saat mereka dibantai RANS Nusantara FC dengan skor telak 1-5 (22/6/2022).

3 dari 5 halaman

0 Poin

Pelatih Persija, Thomas Doll melakukan langkah 'realistis' di turnamen ini. Alih-alih memainkan pemain utamanya terus-terusan yang beresiko cedera, ia memilih membagi tim menjadi dua bagian.

Sayangnya, langkah pelatih asal Jerman itu membuat Persija tersingkir lebih cepat. Tim muda yang ia mainkan gagal bersaing dengan tim-tim lainnya yang lebih berpengalaman. Alhasil, Persija menjadi satu-satunya tim yang belum merebut poin.

Mereka berturut-turut takluk atas Barito Putera, RANS Nusantara FC dan terakhir Borneo FC Samarinda.

4 dari 5 halaman

Matheus Pato Jawab Keraguan

Penampilan Matheus Pato dipertanyakan seiring seretnya gol Borneo FC dalam dua laga sebelumnya. Mereka hanya sanggup mencetak satu gol sekalipun tampil dengan skuad utama.

Tetapi, pria asal Brasil itu sanggup membuktikan dirinya di pertandingan ini. Selain mencetak gol, pergerakannya yang licin terus merepotkan pertahanan Persija sepanjang pertandingan.

Gol pertamanya di Indonesia pun dirayakan dengan sangat emosional. Borneo FC jelas akan sangat membutuhkannya dalam mengarungi kompetisi BRI Liga 1 musim ini.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Klasemen Grup B

  • Barito Putera Vs Rans Nusantara (1-1)
  • Borneo FC Vs Madura United (1-0)
  • Rans Nusantara Vs Madura United (0-0)
  • Persija Jakarta Vs Barito Putera (0-2)
  • Borneo FC Vs Barito Putera (0-0)
  • Rans Nusantara Vs Persija Jakarta (5-1)
  • Barito Putera Vs Madura United (1-1)
  • Persija Jakarta Vs Borneo FC (1-2)
  • Borneo FC Vs Rans Nusantara 
  • Madura United Vs Persija Jakarta
   Main  Menang  Seri  Kalah  Nilai
Borneo FC 3 2 2 0 7
Barito Putera  4 1 3 0 6
RANS Nusantara FC 3 1 2 0 5
Madura United 3 0 2 1 2
Persija Jakarta 3 0 0 3 0

Video Populer

Foto Populer