Sukses


Piala AFC 2022: Wiljan Pluim Berikrar, Tuntaskan Penasaran Bobol Gawang Tampines Rovers

Bola.com, Kuala Lumpur City - Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim ingin membobol gawang Tampines Rovers pada lanjutan Grup H Piala AFC 2022 di Stadion KLFA, Cheras, Senin (27/6/2022).

Menurut gelandang asal Belanda, materi skuad Juku Eja memang banyak berbeda dibandingkan musim lalu. Tapi, mental dan karakter tim tetap sama.

"Hasil imbang dengan Kuala Lumpur City membuat kepercayaan diri tim lebih baik. Kami pun termotivasi untuk meraih tiga poin pada laga besok," ujar Pluim pada sesi jumpa media di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (26/6/2022).

Motivasi tinggi inilah yang membuat keyakinan Wilan Pluim bertambah meski diakuinya PSM terkendala recovery akibat jadwal padat.

"Saya akan mengeluarkan seluruh kemampuan pada laga nanti. Saya ingin mencetak gol untuk membawa PSM Makassar meraih kemenangan," tegas Wiljan Pluim.

2 dari 5 halaman

High Pressing

Pada kesempatan sama, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menjelaskan, dirinya sudah melakukan berbagai cara untuk mengembalikan kebugaran pemain. Seperti sebelumnya, pelatih asal Portugal ini kembali menyinggung jadwal yang dinilainya menguntungkan Kuala Lumpur selalu tuan rumah.

"Tapi, saat ini, saya tak terlalu memikirkannya. Saya akan berbicara ke pemain untuk menanyakan kesiapan mereka sebelum menentukan strategi menghadapi Tampines Rovers," tutur Bernardo.

Percaya dengan Kemampuan PemainAlasan recoveri pemain ini juga yang membuat Bernardo Tavares belum memastikan tim asuhannya menerapkan strategi high pressing pada laga besok.

3 dari 5 halaman

Cadangan

Tapi, Taveres juga menyiapkan strategi cadangan.

"Kita lihat saja besok. Bermain dengan high pressing bukan jaminan buat sebuah tim mencetak gol begitu pun sebaliknya. Sebagai pelatih, saya tentu melihat dulu kondisi pemain sebelum membuat keputusan," terang Bernardo.

Seperti sebelumnya, Bernardo Tavares menegaskan dirinya percaya dengan kemampuan pemainnya. Meski dalam empat laga terakhir, PSM hanya mencetak satu gol lewat Wiljan Pluim yang menjebol gawang Arema FC pada laga perdana Grup D Piala Presiden 2021.

"Tapi, harus juga dicatat, kami juga hanya kebobolan satu gol dalam empat partai terakhir. Gol itu pun lewat penalti yang bisa diperdebatkan," kata Bernardo Tavares.

4 dari 5 halaman

Puji Tampines Rovers

Terkait kekuatan Tampines Rovers, Bernardo Tavares tanpa sungkan memuji sang lawan yang dinilainya memiliki materi pemain dan pelatih yang bagus. Apalagi Tampines sedang berada dalam suasana kompetisi yang tengah berjalan.

"Materi pemain mereka hampir  tak berubah dibandingkan ketika mereka mengalahkan PSM di Piala AFC 2019 lalu," kata Bernardo Tavares.

Secara khusus ia menyoroti aksi striker Tampines, Boris Kopitovic yang dinilainya memiliki kejelian mencari celah kosong di area pertahanan lawan. 

5 dari 5 halaman

Pertemuan 2020

Bernardo Tavares tak salah. Pada Liga Singapura 2022 yang tengah berjalan ini, striker berpaspor Montenegro itu menunjukkan ketajaman dengan mengemas 13 gol dalam 11 laga bersama Tampines Rovers.

"Perlu juga dicatat, pria 27 tahun dengan tinggi 189 cm ini adalah pencetak satu dari gol Tampines Rovers ke gawang PSM di Piala AFC 2020. Tapi, saya tak mengintruksikan pemain saya melakukan penjagaan khusus buat striker nomor sembilan itu," pungkas Bernardo Tavares.

Video Populer

Foto Populer