Sukses


3 Wonderkid di Timnas Indonesia yang Bisa Jadi Penentu di Panggung Piala AFF U-19 2022

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 bakal melakoni ajang penting dalam waktu dekat. Sebagai tuan rumah, Tim Garuda Muda akan menjamu para tamunya di Piala AFF U-19 2022 yang digelar di Jakarta dan Bekasi mulai 2 Juli 2022.

Timnas Indonesia U-19 tergabung di Grup A yang berisikan enam tim. Mereka akan bersaing dengan lawan-lawan yang tidak mudah, yakni Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Dari catatan sejarah, ada dua tim lain yang pernah menjadi kampiun dalam ajang ini, yaitu Vietnam dan Thailand. Vietnam hanya pernah juara pada 2007, sama seperti Timnas Indonesia U-19 yang juga hanya sekali menjadi juara, yaitu pada 2013.

Namun, Thailand merupakan raja turnamen kelompok usia ini. Mereka tercatat sudah berhasil menjadi juara dalam lima edisi dan menjadi kolektor gelar juara terbanyak, mulai dari 2022, 2009, 2011, 2015, dan 2017.

Dari sini saja sudah terlihat bahwa tantangan yang dihadapi oleh anak asuh Shin Tae-yong tidak akan mudah. Sebab, hanya dua tim peringkat teratas saja dari Grup A yang akan lolos ke semifinal.

Terlepas dari itu, Timnas Indonesia memiliki tiga wonderkid yang bisa menjadi penentu di panggung Piala AFF U-19 2022. Siapa saja mereka?

2 dari 4 halaman

Muhammad Ferrari

 

Sosok satu ini sempat menjadi perbincangan pada musim lalu. Pada usia yang masih belia, Muhammad Ferrari sudah mendapatkan kesempatan tampil di Liga 1 2021/2022 bersama Persija Jakarta. Dia tampil dalam tujuh laga pada musim lalu.

Ferrari adalah bek yang cukup komplet. Dia memiliki kemampuan yang baik menghalau serangan lawan. Tidak heran Shin Tae-yong pun memasukkannya dalam skuad Timnas Indonesia U-19 dan bahkan menunjuknya sebagai kapten.

3 dari 4 halaman

Marselino Ferdinan

Sudah jadi rahasia umum gelandang muda yang satu ini merupakan pemain yang berbakat. Kariernya mulai moncer di Timnas Indonesia U-15 hingga mampu menembus skaud Persebaya Surabaya pada usia 16 tahun pada 2021 lalu.

Marselino Ferdinan mampu membukukan empat gol dan tujuh assist di Liga 1 2021/2022 bersama Bajul Ijo. Catatan itu membawanya meraih trofi pemain muda terbaik. Kemampuannya lengkap sebagai gelandang, bahkan punya tembakan cannon ball yang mematikan.

Terbaru, pemain berusia 17 tahun itu bahkan sudah mulai membela Timnas Indonesia senior pada 2022. Dia bahkan tercatat sebagai pencetak gol termuda saat skuad Garuda menang 7-0 atas Nepal dalam babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 15 Juni 2022 lalu.

 

 

4 dari 4 halaman

Ronaldo Kwateh

Pencapaian Ronaldo Kwateh hampir setali tiga uang dengan Marselino Ferdinan. Penyerang milik Madura United ini juga berpengalaman membela Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Hal itu tidak lepas dari performanya yang ciamik.

Ronaldo Kwateh pernah membukukan rekor sebagai pemain termuda yang pernah membela Timnas Indonesia. Hal tersebut terjadi dalam laga debutnya bersama tim senior menghadapi Timor Leste pada 27 Januari 2022, di mana usianya saat itu 17 tahun 98 hari.

Terakhir, Ronaldo Kwateh mencetak sebiji gol untuk Timnas Indonesia U-23 ke gawang Malaysia dalam laga SEA Games 2021. Duel yang tersaji untuk memperebutkan medali perunggu itu berhasil dimenangkan oleh Tim Garuda Muda.

 

Video Populer

Foto Populer