Sukses


Nasib Beda Wakil Indonesia di Piala AFC 2022: PSM Kantongi Tiket ke Semifinal Zona ASEAN, Bali United Tersingkir

Bola.com, Jakarta - Dua nasib berbeda didapatkan PSM Makassar dan Bali United di Piala AFC 2022. Juku Eja berhasil lolos ke semifinal, sementara Bali United terhenti di fase grup.

Bali United dan PSM Makassar menjadi dua wakil Indonesia di fase grup Piala AFC 2022. Bali United sebagai juara Liga 1 2021, sementara PSM Makassar sebagai juara Piala Indonesia.

Bali United tergabung di grup G. Mereka bersaing dengan Visakha FC (Kamboja), Kedah Darul Aman (Malaysia) dan Kaya FC (Filipina0.

Sementara PSM Makassar tergabung dengan Grup H. Mereka bersaing dengan Kuala Lumpur City (Malaysia), dan Tampines Rovers (Singapura).

2 dari 5 halaman

PSM Makassar Tidak Terkalahkan

PSM Makassar dipastikan lolos ke fase semifinal zona ASEAN Piala AFC 2023 dengan status sebagai juara grup H.

Saat pertandingan pertama melawan Kuala Lumpur City FC mereka bermain imbang 0-0, sementara mereka menang 3-1 melawan Tampines Rovers.

PSM mengoleksi 4 poin dari dua pertandingan. Perolehan poin mereka sebenarnya sama dengan Kuala Lumpur FA yang menang 2-1 atas Tampines Rovers.

Namun PSM dinyatakan jadi juara grup karena unggul selisih gol, sehingga PSM mendapatkan satu tiket ke semifinal.

3 dari 5 halaman

Bali United Hanya Runner Up

Bali United mengawali perjalanan mereka di fase grup dengan apik. Serdadu Tridatu mengalahkan Kedah FA dengan skor 2-0.

Namun di pertandingan kedua Bali United secara mengejutkan dihajar Visakha FA dengan skor 5-2. Namun beruntung mereka menang 1-0 melawan Kaya FC.

Alhasil Bali United mengunci posisi runner up grup B. Mereka masih bisa lolos ke semifinal dengan jalur runner up terbaik.

4 dari 5 halaman

Kalah di Perebutan Best Runner Up

Di fase grup ini, zona ASEAN tergabung dalam tiga grup. Untuk memasuki semifinal diambil tiga juara grup plus satu runner up terbaik.

Posisinya runner up terbaik ini diperebutkan tiga klub, yaitu Bali United (G), Kuala Lumpur City (H), dan Hougang United (I). Mengingat grup H hanya terdiri dari tiga klub, maka sistem penilaian zona ASEAN Ini sedikit diubah.

Jadi pertandingan yang diambil untuk diadu antara ketiga tim ini hanya dua pertandingan ini. Untuk Bali United dan Hougang United, pertandingan melawan posisi keempat grup masing-masing tidak dihitung.

Berdasarkan hasil itu, Bali United dan Hougang United sama-sama mengoleksi tiga poin. Bali United unggul selisih gol sehingga Serdadu Tridatu berpotensi menjadi best runner up.

Namun sayang di pertandingan terakhir, Kuala Lumpur City menang atas Tampines Rovers. Sehingga perolehan poin mereka menjadi 4 poin, dan mereka mendampingi PSM ke semifinal.

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Serafin Unus Pasi, Published 30/06/2022)

5 dari 5 halaman

PSM Lolos

Video Populer

Foto Populer