Sukses


Profil Lini Tengah Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022: Mayoritas Dihuni Gelandang Klub Liga 1

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan terjun di Piala AFF U-19 2022 dengan status tuan rumah. Mereka bakal bertarung pada 2-15 Juli. Tim besutan Shin Tae-yong ini tergabung dalam grup yang tergolong berat. Bersama Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam dan Filipina.

Dari komposisi yang ada, Timnas Indonesia diharapkan bisa bersaing. Kali ini, Bola.com coba membedah kekuatan tim Merah Putih dari lini tengah.

Ada 10 pemain yang tercatat di posisi ini. Jika melihat asal klubnya, para pemain ini sudah dapat gemblengan di tim besar. Seperti Arema FC, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, PSM Makassar dan tim besar lainnya.

Hanya ada satu pemain yang statusnya non-klub. Sisanya, delapan pemain sudah bergabung dengan tim Liga 1.

 

2 dari 5 halaman

Materi Mumpuni

Ini jadi pertanda jika materi pemain Timnas Indonesia U-19 sudah mumpuni. Selain itu, kondisi fisik mereka juga terjaga di klub.

Jadi, Shin Tae-yong terbantu ketika para pemain ini banyak yang sudah bermain di tim profesional. Hanya saja, mayoritas para pemain Timnas U-19 bukan pemain starter di klub.

Jadi, secara pengalaman mereka masih butuh jam terbang. Hanya Marselino Ferdinan yang bisa dibilang sudah matang. Karena dia jadi pilihan utama di klub dan tercatat juga sebagai pemain Timnas Indonesia senior.

 

 

 

(-)

3 dari 5 halaman

Marcelino Paling Menonjol

Di antara 10 pemain tengah Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan paling menonjol. Karena dia juga masuk dalam skuat Timnas Indonesia senior dan jadi pilihan utama di klubnya, Persebaya Surabaya. Padahal usianya masih 17 tahun.

Karena itu, di Piala AFF U-19, Marcelino diharapkan jadi jenderal lini tengah. Secara skill, dia tak diragukan lagi. Jika diposisikan sebagai gelandang serang atau box to box, Marselino bisa mengeluarkan potensinya.

Termasuk tembakan keras yang bisa jadi pemecah kebuntuan tim. Dia sudah memperlihatkan di SEA Games 2021 di Vietnam beberapa waktu lalu. Saat ini dia juga tercatat sebagai pemain termuda di timnas Indonesia senior.

 

4 dari 5 halaman

Minim Pengalaman Level Klub

Sementara pemain lain, meski membela Persija, PSM dan lainnya, mereka masih minim kesempatan tampil di klub.

Termasuk Arkhan Fikri yang baru diperkenalkan beberapa pekan lalu di Arema. Dia masih beberapa kali ikut latihan. Setelah itu Arkhan kembali ke pemusatan latian Timnas Indonesia U-19.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Komposisi Lini Tengah Timnas Indonesia U-19

  • Arkhan Fikri (Arema FC)
  • Frezy Al Hudaifi (Bhayangkara FC)
  • Marselino Ferdinan (Persebaya Surabaya)
  • Muhammad Rafli Asrul (PSM Makassar)
  • Radzky Syahwal (Persija Jakarta)
  • Raka Cahyana (Persija Jakarta)
  • Subhan Fajri (Dewa United)
  • Zanadin Fariz (Persis Solo)
  • Ferdiansyah Cecep (Persib Bandung)
  • Dimas Juliono (-)

Video Populer

Foto Populer