Sukses


Naturalisasi Segera Tuntas, Jordi Amat dan Sandy Walsh Berpeluang Membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022

Bola.com, Jakarta - Dua calon pemain naturalisasi, Jordi Amat dan Sandy Walsh, berpeluang membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022.

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tengah diproses DPR sebelum dikembalikan ke Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk penerbitan Keputusan Presiden (Keppres).

Artinya, proses perpindahan kewarganegaraan keduanya dari Spanyol dan Belanda menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) telah memasuki babak akhir.

"Jordi Amat dan Sandy Walsh kemungkinan sudah bisa bermain untuk Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022," kata anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Hasani Abdulgani kepada Bola.com beberapa waktu lalu.

2 dari 5 halaman

Bagaimana Shayne Pattynama?

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, PSSI bersama Hasani juga sedang memproses naturalisasi Shayne Pattynama, bek asal Belanda.

Namun, dokumen Shayne Pattynama belum tiba di Kemensetneg.

Dari Kemensetneg, dokumen Shayne Pattynama diteruskan ke DPR sebelum dikembalikan ke Kemensetneg untuk pengeluaran Keppres.

"Untuk Shayne Pattynama, belum bisa bermain buat Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022 karena dokumennya belum sampai ke Kemensetneg," imbuh Hasani.

3 dari 5 halaman

Uji Coba Timnas Indonesia

Sementara itu, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri memastikan bahwa Timnas Indonesia akan beruji coba dua kali di FIFA Matchday September 2022.

FIFA menjadwalkan FIFA Matchday pada 19-27 September 2022 dengan setiap negara maksimal bertanding dua kali.

"Sudah ada lawan bagi Timnas Indonesia. Saya happy banget. Dulu FIFA Matchday tidak menjadi topik orang, sekarang menjadi topik dan saya senang banget," jelasnya.

 
4 dari 5 halaman

FIFA Matchday

Timnas Indonesia direncanakan untuk melawan tim 100 dan 120 besar dalam ranking FIFA pada FIFA Matchday September 2022.

"Alhamdulillah, atas izin Allah SWT saya sudah atur FIFA Matchday pada 2022 dan 2023," tutur Indra Sjafri.

"Kami sudah diskusikan dengan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong untuk mencari lawan," imbuh Indra Sjafri.

5 dari 5 halaman

Lawan Negara Asia

Lantas, siapa yang akan menjadi lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022? Indra Sjafri hanya bilang bahwa tim berjuluk Skuad Garuda ini bakal menghadapi negara dari Asia.

"Khusus untuk September 2022, ada dua partai dan kami sudah diskusikan bakal mengambil dua laga itu. Kami akan beruji coba dengan negara Asia," ucap Indra Sjafri.

"PSSI sedang komunikasi dengan beberapa tim dan sesuai dengan kriteria kami yang sudah kami diskusikan dengan Shin Tae-yong," terangnya.

Video Populer

Foto Populer