Sukses


5 Faktor Timnas Indonesia U-19 Bakal Gulung Filipina di Piala AFF U-19: Hokky Caraka dan Arkhan Fikri Jadi Momok

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 akan bersua Filipina pada laga kempat Grup A Piala AFF U-19 2022, Jumat (8/7/2022) malam WIB. Tim Garuda Nusantara wajib menang kontra Filipina, jika ingin lolos ke semifinal.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 berada di urutan keempat Grup A dengan nilai lima. Tim asuhan Shin Tae-yong itu tertinggal dua poin dari Vietnam dan Thailand yang menghuni posisi satu serta dua.

Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni, tim asuhan Shin Tae-yong dua kali bermain imbang 0-0 melawan Vietnam dan Thailand, serta menghajar Brunei Darussalam tujuh gol tanpa balas.

Timnas Indonesia U-19 harus menyapu bersih kemenangan dalam dua laga tersisa, yakni melawan Filipina dan Myanmar. Di atas kertas, Tim Merah-Putih tak akan menemui kesulitan untuk mewujudkannya.

Sejumlah alasan kuat mendukung Timnas Indonesia U-19 untuk bisa melumat Filipina di Piala AFF U-19 2022. Berikut ini ulasan selengkapnya.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Masterclass Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mengakui dirinya masih jauh dari kata puas dengan performa Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Sektor yang paling disorot Shin Tae-yong adalah lini depan.

Menghadapi Filipina, Shin Tae-yong tentu sudah memiliki solusi atas masalah ini. Pelatih asal Korea Selatan itu bakal menginstruksikan anak asuhnya untuk bermain agresif sejak menit pertama.

Satu hal yang pasti, Shin Tae-yong kini bisa mengoptimalkan kolektivitas timnya karena tak harus bergantung pada satu pemain menyusul cederanya Marselino Ferdinan.

 

3 dari 6 halaman

Ketajaman Hokky Caraka

Hokky Caraka menjadi sensasi baru di Timnas Indonesia U-19. Dia mencetak empat gol alias quattrick dalam duel melawan Brunei Darussalam.

Selain itu, juga menjadi pencetak shot on target terbanyak dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 7-0 bagi Timnas Indonesia U-19 tersebut.

Meski ketajaman Hokky tak keluar ketika berhadapan dengan Vietnam dan Thailand, tetapi untuk melawan Filipina sepertinya sang striker bakal kembali tampil apik.

 

4 dari 6 halaman

Dominan pada Catatan Pertemuan

Di tim nasional usia muda, level Timnas Indonesia masih satu tingkat di atas Filipina. Hal ini tergambar dari betapa dominannya Timnas Indonesia U-19 dalam head to head versus Filipina.

Dari empat kali pertemuan di pentas Piala AFF U-19, Timnas Indonesia U-19 sukses menyapu bersih kemenangan dengan rekor gol impresif, yakni mencetak 21 gol dan cuma kebobolan tiga gol.

  • Indonesia 1-0 Filipina (Piala AFF U-19 2003)
  • Indonesia 9-0 Filipina (Piala AFF U-19 2017)
  • Indonesia 4-1 Filipina (Piala AFF U-19 2018)
  • Indonesia 7-1 Filipina (Piala AFF U-19 2019)

 

5 dari 6 halaman

Mobilitas Arkhan Fikri

Absennya Marselino Ferdinan terbukti membuat permainan Timnas Indonesia U-19 kocar-kacir. Hilangnya Marselino membuat Tim Merah-Putih kehilangan sosok jenderal lapangan tengah.

Sebagai alternatif, peran Arkhan Fikri di lini tengah bisa lebih dimaksimalkan. Skill individu yang dimiliki Arkhan bisa dipakai untuk membongkar pertahanan lawan.

Arkhan dikenal sebagai pemain yang memiliki mobilitas tinggi. Gelandang asal Arema FC itu juga kerap ikut naik membantu serangan dan mencari peluang mencetak gol.

 

6 dari 6 halaman

Tren Buruk Filipina

Filipina sempat mengawali turnamen Piala AFF U-19 2022 ini dengan cukup meyakinkan. Di laga pertama, The Young Azkals hanya kalah 0-1 melawan tim kuat Thailand.

Namun, penampilan Filipina mengalami penurunan di dua laga selanjutnya. Setelah dihajar Vietnam 1-4, Filipina menelan kekalahan 1-3 ketika berhadapan dengan Myanmar.

Dari hasil tersebut, rasanya tak sulit bagi Timnas Indonesia U-19 untuk bisa mengalahkan Filipina dengan skor mencolok.

Disadur dari: Bola.net (Ari Prayoga/Published: 8/7/2022)

Video Populer

Foto Populer