Sukses


Gelombang Pemain Asing Baru di Liga 1 2022 / 2023: Brasil Tetap Dominan, Jepang Mulai Berdatangan

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sudah memberikan draft jadwal Liga 1 2022/2023 kepada 18 tim peserta.

Kehadiran tiga tim promosi Liga 1 2022/2023 yakni Persis Solo, RANS Nusantara dan Dewa United yang disokong finansial kuat membuat kompetisi kasta tertinggi tanah air diyakini bakal lebih ketat dan sengit dibandingkan musim lalu.

Para tim peserta pun pasang kuda-kuda dengan membenahi materi pemainnya. Khususnya disektor pemain asing. Ada yang mendatangkan tenaga baru dari sesama klub Liga 1 2022/2023.

2 dari 7 halaman

Brasil Masih Dominan

Ada juga merekrut pemain yang baru pertama kali datang ke Indonesia. Diantara mereka hanya peraih trofi juara musim lalu, Bali United, yang tetap memakai jasa pemain asing  lamanya.

Mengacu pada bursa transfer sementara di Liga 1 2022/2023, Brasil kembali menjadi penyumbang terbanyak pemaing baru yakni 11 orang.

Yang menarik, sejumlah tim kontestan Liga 1 mulai melirik pemain asing asal Jepang. Tercatat empat pemain anyar asal Negeri Matahari yang bakal meramaikan persaingan antartim di kompetisi kasta tertinggi.

3 dari 7 halaman

Geliat PSIS

Klub asal Semarang, PSIS yang lebih dulu menarik perhatian dengan merekrut dua pemain asing Persebaya, Alie Sesay (Sierra Lione) dan Taisei Marukawa (Jepang) serta striker Arema FC, Carlos Fortes (Portugal).

Seperti diketahui, ketiga pemain ini berkontribusi besar buat tim masing-masing. Sessay dan Marukawa misalnya jadi tumpuan Persebaya sehingga stabil bertahan di papan atas.

Marukawa malah terpilih sebagai pemain terbaik musim lalu dengan catatan 17 gol dalam 32 laga bersama Persebaya. Sedang Fortes mencuri perhatian pada musim pertamanya di Indonesia bersama Arema FC.

Dalam 31 tampil bersama Arema, Fortes mampu mengoleksi 20 gol atau berselisih tiga gol dengan top skorer BRI Liga 1, Ilija Spasojevic (Bali United).

4 dari 7 halaman

Perubahan di Persebaya

Ditinggal pergi Sessay dan Marukawa plus Bruno Moreira (Brasil), manajemen Persebaya mengantisipasinya dengan mendatangkan duet negeri Samba, Higor Vidal (gelandang) dan Sílvio Rodrigues (striker) serta penyerang asal Jepang, Sho Yamamoto.

Ketiga pemain ini tercatat baru pertama kali berkiprah di Indonesia. Mereka akan bekerjasama dengan bek asal Brasil, Leo Lelis yang sebelumnya memperkuat Persiraja Banda Aceh.

Langkah signifikan juga ditunjukkan PSM Makassar yang musim lalu nyaris terdegrasi ke Liga 2. Skuad Juku Eja hanya mempertahankan sang kapten, Wiljan Pluim (Belanda), kemudian mendatangkan Yuran Fernandes (bek/Portugal), Everton (striker/Brasil) dan Kenzo Nambu (gelandang/Jepang).

Hasilnya terbilang lumayan buat sebuah tim yang sedang memnbangun kekuatan. Seperti diketahui, PSM bertahan sampai 8 Besar Piala Presiden 2022 dan lolos ke semifinal Piala AFC 2022 zona ASEAN.

5 dari 7 halaman

Persija Cuci Gudang

Perubahan serupa dilakukan Persikabo 1973. Di era pelatih anyar, Djajang Nurdjaman, klub Kabupaten Bogor ini mendatangkan trio Brasil yang juga baru pertama kali mencicipi atmosfer kompetisi Indonesia yakni Lucas Gama (bek), Gustavo Tocantins (striker), dan Renan Farias (gelandang).

Langkah paling ekstrim dilakukan Persija Jakarta. Klub berjuluk Macan Kemayoran melepas semua pemain asing di musim lalu. Termasuk Marko Simic (Kroasia), striker tersubur Persija di era Liga 1.

Kontribusi Simic membawa Persija meraih trofi juara Liga 1 2018 serta menjadi top skorer musim 2019 tak lagi jadi hitungan manajemen Persija untuk mempertahankannya. Begitupun dengan Rohit Chand (Nepal), gelandang yang bergabung di Persija sejak 2017 ini dilepas ke Persik Kediri.

Selain keduanya, Persija juga mempersilakan Makan Konate dan Marco Motta meninggalkan tim sejalan dengan perekrutan pelatih anyar, Thomas Doll (Jerman). Bagai efek domino, kehadiran Doll berdampak pada komposi pemain asing di Persija.

Eks pelatih Borussia Dortmund itu merekomendasi tiga pemain asing baru yakni Ondrej Kudela (bek/Ceko), Michael Krmencík (striker/Ceko) dan Hanno Behrens (gelandang/Jerman).

6 dari 7 halaman

Daftar Pemain Asing Baru di Liga 1 2022/2023

1. Bali United: -

2. Persib: Daisuke Sato (bek/Filipina)

3. Bhayangkara: -

4. Arema FC: Abel Camara (striker/Guinea-Bissau)

5. Persebaya: Higor Vidal (gelandang/Brasil), Sho Yamamoto (striker/Jepang), Sílvio Rodrigues (striker/Brasil)

6. Borneo FC: Matheus Pato (striker/Brasil)

7. PSIS: -

8. Persija: Ondrej Kudela (bek/Ceko), Michael Krmencík (striker/Ceko), Hanno Behrens (gelandang/Jerman)

9. Madura United: Cleberson (bek/Brasil), Lulinha (gelandang/Brasil)

10.Persikabo: Lucas Gama (bek/Brasil), Gustavo Tocantins (striker/Brasil), Renan Farias (gelandang/Brasil)

11.Persik: Joanderson (striker/Brasil)

12.Persita: Ezequiel Vidal (striker/Argentina)

13.PSS: Ze Valente (gelandang/Portugal), Jihad Ayoub (gelandang/Lebanon)

14.PSM: Yuran Fernandes (bek/Portugal), Everton (striker/Brasil), Kenzo Nambu (gelandang/Jepang)

15.Barito Putera: Ryota Noma (gelandang/Jepang)

16.RANS: Andre (striker/Brasil), Victor Sallinas (bek/Brasil), Kodai Iida (gelandang/Jepang)

17.Dewa United: Risto Mitrevski (bek/Makedonia Utara), Lucas Ramos (gelandang/Brasil), Karim Rossi (striker/Swiss)

18.Persis: Alexis Messidoro (gelandang/Argentina), Gerard Artigas (striker/Spanyol)

7 dari 7 halaman

Lihat Persaingan di Musim Lalu

Video Populer

Foto Populer