Sukses


Perjudian Shin Tae-yong Merombak Susunan Pemain Timnas Indonesia U-19 Sempat Bikin Gelisah Iwan Bule

Bola.com, Bekasi - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengaku sempat gelisah dengan keputusan pelatih Shin Tae-yong saat melakukan perombakan besar susunan pemain Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Filipina, Jumat (8/7/2022).

Bagaimana tidak, Shin Tae-yong melakukan perjudian dengan mengganti delapan pemain sekaligus di skuad Timnas Indonesia U-19. Pelatih asal Korea Selatan itu hanya menyisakan Cahya Supriadi, Marcell Januar Putra, dan Ferdiansyah Cecep.

Adapun delapan lainnya yang diberi kesempatan bermain sebagai starter adalah Kadek Arel, Muhammad Ferarri, Edgard Amping, Frezy Al Hudaifi, Zanadin Fariz, Subhan Fajri, Alfriyanto Nico, dan Rabbani Tasnim. Namun, kenyataannya Timnas Indonesia U-19 berhasil menang dengan skor 5-1 atas Filipina.

"Saya ikut mendengarkan saat STY menentukan 11 pemain yang akan diturunkan melawan Filipina. Awalnya saya sedikit gelisah, tetapi kegelisahan saya terobati," kata Mochamad Iriawan.

"11 pemain itu dan pemain pengganti lainnya di Timnas Indonesia U-19 justru bermain menggila. Alhamdulillah kita menang,” tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Wajib Menang

Kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia U-19 menjaga asa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Mochamad Iriawan menegaskan, Timnas U-19 wajib menang pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022 melawan Myanmar (10/7/2022).

"Tidak ada cara lain. Kita harus menang. Tunjukkan kita bisa. Saya minta doa dan dukungan semua warga negara Indonesia," tegas Iriawan.

Timnas U-19 saat ini berada di posisi ketiga klasemen sementara dengan jumlah delapan poin. Pasukan Shin Tae-yong tertinggal dua poin dari Vietnam dan Thailand yang ada di atasnya.

3 dari 5 halaman

Alasan Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong ternyata punya alasan khusus melakukan banyak rotasi pemain di Timnas Indonesia U-19. Shin Tae-yong menyebut, ini dilakukan untuk mengantasi kelelahan pemain.

Maklum, Timnas U-19 bermain setiap dua hari sekali pada Piala AFF U-19 2022. Rotasi pemain dianggap sebagai satu-satunya cara untuk mengantisipasi kelelahan dan cedera pemain.

"Memang hari ini saya mengubah susunan pemain utama dengan sengaja demi mengantisipasi laga berikutnya. Fisik pemain runtuh dan menurun," ujar Shin Tae-yong.

4 dari 5 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-19

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara Grup A Piala AFF U-19 2022

   Main Menang Kalah Seri Poin
Vietnam 4 3 0 1 10
Thailand  4 3 0 1 10
Timnas Indonesia U-19 4 2 0 2 8
Myanmar 4 2 2 0 6
Filipina  4 0 4 0 0
Brunei Darussalam 4 0 4 0 0
Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer