Sukses


Keluh Kesah Shin Tae-yong Bikin Rabbani Tasnim Tampil Menggila saat Timnas Indonesia U-19 Lumat Filipina

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, sempat mengeluhkan sulitnya menemukan striker berkualitas. Keluhan pelatih asal Korea Selatan tersebut dijawab Rabbani Tasnim dengan performa moncer saat bersua Filipina.

Timnas Indonesia U-19 bersua Filipina pada laga keempat Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Jumat (9/7/2022) malam WIB. Pelatih Shin Tae-yong melakukan perubahan taktik dalam laga tersebut, termasuk di lini depan.

Menerapkan formasi 4-3-3, STY memainkan Alfriyanto Nico, Rabbani Tasnim, dan Subhan Fajrin di lini serang. Rabbani yang diplot sebagai striker tampil gemilang sejak bola digulirkan.

Berdasarkan statistik yang dicatat Lapangbola, Rabbani Tasnim melepaskan tiga tembakan tepat sasaran dan memenangkan satu duel udara. Ketiga tembakan Rabbani sukses berbuah gol, yakni pada menit ke-14, 41', dan 49'.

Berkat kontribusi Rabbani Tasnim, Timnas Indonesia U-19 menang 5-1 atas Filipina. Dua gol lainnya milik Tim Garuda Nusantara disarangkan Alfriyanto Nico pada menit ke-26 dan Razzaa Fachrezi menit ke-70, sedangkan gol tunggal Filipina dicetak Justin Farias (28').

 

2 dari 5 halaman

Termotivasi Ucapan Shin Tae-yong

Rabbani Tasnim menyebut kunci suksesnya menorehkan hattrick ke gawang Timnas Filipina berkat ucapan Shin Tae-yong. Rabbani termotivasi ucapan STY yang menyebut sulit menemukan striker bagus untuk Timnas Indonesia U-19.

"Itu menjadi motivasi saya dan teman-teman. Kami terus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas," kata Rabbani selepas pertandingan seperti dilansir Antara.

"Tidak ada persiapan atau trik khusus. Namun, saya memang selalu mengantisipasi kesempatan di lapangan, apakah itu penalti atau 'set piece' (bola mati). Untuk penalti, saya belajar dari banyak sumber termasuk YouTube," lanjutnya.

 

3 dari 5 halaman

Utamakan Kepentingan Timnas Indonesia U-19

Rabbani Tasnim mengaku memiliki target bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Namun, dia lebih mengutamakan target tim dibandingkan ambisi pribadinya.

"Target pribadi ada, tapi saya tidak mau itu merusak tujuan-tujuan di tim. Saya ingin bermain sebagai tim, tidak egois, tampil maksimal dan membawa tim menang," ujar pemain Borneo FC Samarinda itu.

 

4 dari 5 halaman

Berpeluang Lolos

Kemenangan atas Filipina membuat Timnas Indonesia U-19 kini berada di urutan ketiga Grup A Piala AFF U-19 2022. Timnas U-19 mendulang delapan poin, tertinggal dua angka dari Vietnam dan Thailand yang menghuni urutan satu serta dua.

Meski berada di tempat ketiga, Tim Garuda Nusantara masih berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Pasalnya, Timnas Indonesia U-19 hanya butuh kemenangan untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Di sisi lain, Vietnam dan Thailand akan saling berhadapan pada laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 tahun ini.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Timnas Indonesia U-19:

Video Populer

Foto Populer