Sukses


Pesan Robby Darwis untuk Timnas Indonesia U-19 Asuhan Shin Tae-yong: Kalau Ketemu Thailand dan Vietnam Lagi, Jangan Sampai Draw, Habisi!

Bola.com, Bandung - Legenda Persib Bandung, Robby Darwis menyebut Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong sudah ada peningkatan yang cukup bagus untuk kedepannya, meski tersingkir dari Piala AFF U-19 2022.

"Melihat Timnas U-19 sekarang ada peningkatan cukup bagus untuk ke depan. Cuma karena situasinya di grup ini yang memang dihuni oleh tim-tim yang cukup kuat seperti Vietnam dan Thailand," jelas Robby Darwis di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (13/7/2022).

Tim asuhan pelatih asal Korea Selatan ini, tersingkir setelah finis ketiga pada klasemen akhir Grup A.

Meski memiliki jumlah poin yang sama yakni 11 dengan Vietnam dan Thailand, Timnas Indonesia U-19 kalah head to head dari Thailand dan Vietnam.

2 dari 5 halaman

Persaingan Sengit

Jumlah gol juga paling banyak dari kedua tim tersebut. Namun, Timnas Indonesia U-19 harus tersingkir karena kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

"Dua tim itu memang yang cukup sulit. Dan Indonesia harus bisa memenangkan di antara dua lawan itu. Tapi kalau hasilnya draw, tentu di head to head yang sulit," tambah Robby Darwis.

Walau demikian, mantan kapten Timnas Indonesia ini menyebutkan bahwa Cahya Supriadi dkk. sudah maksimal dalam mengarungi turnamen internasional tersebut. Bahkan ada kemajuan yang cukup signifikan.

3 dari 5 halaman

Pelajaran Penting

Robby menambahkan, pemain harus tetap semangat meski gagal ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

"Kalau regulasi memang harus normal di AFF ini, tapi kami melihatnya pembagian grup saja, Indonesia harus bisa keluar dari tekanan Vietnam dan Thailand, harus bisa memenangkan," tegas Robby.

"Jangan sampai kalah atau draw saat bertemu mereka. Jadi terlepas dari masalah regulasi, harusnya Indonesia bisa menang di dua laga itu. Tapi yang jelas Timnas U-19 mendapat pelajaran yang berharga dari situ," tambah Robby sambil mengakhiri.

4 dari 5 halaman

Piala Asia U-20

Pada September nanti, Garuda Nusantara akan berkiprah di kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Pada fase ini, Hokky Caraka dan kolega tergabung di Grup F bersama Hongkong, Timor Leste dan Vietnam.

5 dari 5 halaman

PSSI Protes

PSSI mengajukan protes ke Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) terkait dugaan aksi tak sportif pada duel Vietnam melawan Thailand di Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7/2022).

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan menuding adanya tindakan main mata dalam laga tersebut. Kecurigaan PSSI terhadap laga Vietnam melawan Thailand terlihat karena kedua tim bermain ogah-ogahan pada 15 menit akhir babak kedua.

Video Populer

Foto Populer