Sukses


Malaysia Juarai Piala AFF U-19 2022 di Indonesia, Begini Respons Ketum PSSI

Bola.com, Bekasi - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, buka suara mengenai Malaysia yang menjuarai Piala AFF U-19 2022 di Indonesia. Menurut Iriawan, Malaysia layak menjadi juara karena tampil bagus.

Malaysia menjuarai Piala AFF U-19 2022 setelah mengalahkan Laos pada final yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jumat (15/7/2022). Gol kemenangan Malaysia dicetak Faiz Amer (13') dan Aliff Izwan (76').

"Kami harus realistis. Sekarang yang menang itu lawan, kemarin menang lawan Vietnam. Kami harus mengakui itu yang terjadi di sepak bola," kata Mochamad Iriawan.

Gelar Piala AFF U-19 2022 menjadi yang kedua diraih Malaysia sepanjang sejarah. Sebelumnya, Tim Harimau Malaya pernah meraih gelar Piala AFF U-19 pada 2018.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

2 Kali Juara di Indonesia

Ini menjadi edisi kedua kalinya Malaysia menjuarai Piala AFF U-19 di Indonesia. Pada 2018, Malaysia juga angkat trofi Piala AFF U-19 ketika turnamen digelar di Indonesia.

Mochamad Iriawan berharap, Timnas Indonesia U-19 bisa melakukan hal yang serupa. Misinya adalah menjuarai Piala AFF U-19 2022 bila turnamen digelar di Malaysia.

"Mau, InsyaAllah," tegas pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

3 dari 5 halaman

Segera Evaluasi

PSSI dan pelatih Shin Tae-yong berencana menggelar evaluasi terkait penampilan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022. Menurut Mochamad Iriawan, ada kekurangan yang masih perlu ditingkatkan.

"Habis ini kami akan rapat evaluasi. Pasti ada kurang-kurangnya meski semua berjalan lancar. Kami tahu, kami tidak ke final," ujar Iriawan.

Timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022 setelah finis di urutan ketiga Grup A. Pasukan Shin Tae-yong itu kalah head to head dari Vietnam dan Thailand.

4 dari 5 halaman

Nguyen Quoc Viet Top Skorer

Penyerang Vietnam, Nguyen Quoc Viet, terpilih sebagai top skorer Piala AFF U-19 2022. Penghargaan itu diterima Nguyen Quoc Viet setelah tampil tajam sepanjang turnamen.

Nguyen Quoc Viet terpilih menjadi top skorer Piala AFF U-19 2022 setelah mengoleksi lima gol. Striker Timnas Vietnam itu unggul satu gol atas duo Timnas Indonesia U-19, Hokky Caraka dan Rabbani Tasnim serta Peter Phanthavong asal Laos.

Sebaran lima gol yang dicetak Nguyen Quoc Viet terdiri dari empat gol di babak penyisihan dan satu gol pada babak perebutan tempat ketiga. Nguyen Quoc Viet tercatat dua kali menjebol gawang Filipina dan Myanmar, plus sekali menjebol gawang Thailand.

5 dari 5 halaman

Pemain dan Terbaik

Sementara itu, penghargaan Pemain Terbaik Piala AFF U-19 2022 diraih oleh Ahmad Aysar Hadi Mohd Shapri. Kapten Malaysia itu terpilih karena menunjukkan penampilan gemilang sepanjang turnamen.

Ahmad Aysar tampil apik di lini tengah Malaysia. Sebagai kapten dan gelandang, dia mampu menunjukkan penampilan yang gemilang sehingga membawa timnya menjadi juara.

Adapun penghargaan Kiper Terbaik Piala AFF U-19 2022 diberikan kepada Phounin Xayyasone. Kiper Laos itu tampil gemilang sepanjang turnamen dalam mengawal jala Laos.

Phounin Xayyasone tercatat hanya kebobolan empat gol dari enam pertandingan. Phounin memiliki naluri yang baik dalam membaca arah bola di bawah mistar gawang.

Video Populer

Foto Populer