Sukses


Profil Klub BRI Liga 1 2022 / 2023: PSIS Semarang, Ancaman Serius bagi Siapa pun yang Berambisi Juara

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang bisa disebut ancaman bagi kontestan BRI Liga 1 2022/2023. Tim Mahesa Jenar memasuki musim keempat di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu.

Musim lalu, PSIS menempati posisi ke-7 klasemen akhir. Musim ini, setelah melepas Pratama Arhan ke Tokyo Verdy, PSIS memberikan kejutan dengan merekrut sejumlah bintang.

Sebut saja Carlos Fortes, eks bomber Arema, rising star Persebaya Surayabaya, Taisei Marukawa, dan bek Bajul Ijo, Alie Sesay.

Skuad mewah PSIS diuji di Piala Presiden 2022. Setelah meyakinkan di babak penyisihan grup, laju kencang PSIS harus terhenti di babak semifinal. Ada Arema FC yang mampu mengalahkan Mahesa Jenar dalam laga semifinal yang berlangsung dua leg.

PSIS kalah dalam dua pertandingan itu, 0-2 dan 1-2. Kekalahan PSIS cukup mengejutkan. Terutama kekalahan tim asuhan Sergio Alexandre saat bermain di kandang sendiri.

Namun, ajang pramusim tak menjadi ukuran karena kompetisi panjang. PSIS Semarang layak disebut sebagai satu di antara kandidat juara BRI Liga 1.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Skuad Mentereng

PSIS Semarang merupakan tim tajam di Piala Presiden 2022. Sejak fase grup hingga babak semifinal, Mahesa Jenar mampu mencetak 17 gol.

Hebatnya, gol itu tidak melulu datang dari lini depan saja. Carlos Fortes menjadi top skor klub di ajang Piala Presiden 2022 dengan lima gol. Penyerang senior PSIS, Hari Nur Yulianto kemudian menyusul dengan dua gol.

Selain keduanya ada lima pemain PSIS lain yang mampu masuk ke papan skor pada Piala Presiden 2022. Mereka berasal dari lini tengah dan belakang, dan masing-masing mampu mencetak satu gol.

Mereka adalah Taisei Marukawa, Alfeandra Dewangga, Wahyu Prasetyo, Oktafianus Fernando, dan Wawan Febrianto.

Gambaran itulah yang membuat PSIS layak disebut sebagai satu di antara kandidat juara. 

3 dari 7 halaman

Pemain Bintang: Taisei Marukawa

Taisei Marukawa diprediksi akan meledak lagi bersama PSIS. Seperti yang dia lakukan saat membela Persebaya Surabaya. Musim lalu, ia mencetak 17 gol dan 11 assist di BRI Liga 1.

Catatan ini tergolong istimewa karena pemain berusia 25 tahun itu merupakan pendatang baru di Indonesia.

Kepindahannya ke Semarang sempat membuat geger. Fans Persebaya kecewa karena pemain asal Jepang itu hanya betah semusim di Surabaya,

Sama seperti Fortes, kemunculannya musim lalu sangatlah fenomenal. Berkat performa impresifnya bersama Persebaya Surabaya, ia menjadi pemain terbaik Liga 1 2021/2022.

Visi bermain canggih, kemampuan menyisir seluruh area di zona merah lawan, dan finishingnya yang istimewa jadi senjata utama pemain asal Jepang ini. 

4 dari 7 halaman

Pelatih: Sergio Alexandre

Sergio baru tahun ini memegang tim dengan pemain bagus. Maklum, musim lalu, dia menangani Persiraja Banda Aceh yang akhirnya terdegradasi.

Pelatih berlisensi CBF Pro asal Brasil itu resmi ditunjuk manajemen PSIS untuk menahkodai tim di kompetisi Liga 1 2022/2023. Menggantikan pelatih sebelumnya, Dragan Djukanovic.

Sebelum berkiprah di Indonesia, Sergio menangani Suphanburi FB (Thailand) pada 2016 dan klub UEA, Al-Shaab pada 2012.

Berbanding terbalik dengan Persiraja, di PSIS, dia banjir pemain oke. Mahesa Jenar punya kelebihan di lini depan. Carlos Fortes dan Taisei Marukawa jadi andalan lini depan.

Saat ini dia bisa menyulap PSIS sebagai satu di antara kandidat kuat juara Piala Presiden. Begitu juga dengan Liga 1 2022/2023. Mereka jadi salah satu tim yang diperhitungkan dalam bursa juara.

5 dari 7 halaman

Prediksi untuk BRI Liga 1 2022/2023

PSIS dengan materi pemain oke bakal menjadi ancaman serius bagi siapa pun yang mengincar gelar juara BRI Liga 1 2022/2023.

Tim Mahesa Jenar masih berburu pemain untuk posisi kiper setelah mendatangkan Wahyu Tri Nugroho untuk mengarungi Liga 1 2022/2023. Penjaga gawang berusia 35 tahun itu sebelumnya sempat membela Persis Solo di Liga 2 2021.

Satu di antara nama yang muncul adalah bintang Persebaya Surabaya, Ernando Ari Sutaryadi. Jika kepindahan ini terwujud, PSIS bakal makin istimewa. Prediksi untuk musim ini, papan atas!

6 dari 7 halaman

Data Tim

Nama Klub: PSIS Semarang

Berdiri: 18 Mei 1932

Prestasi: Juara Perserikatan 1987, Juara Liga Indonesia 1998/1999

Posisi Musim Lalu: Ke-7

Prediksi Musim Ini: Papan atas

 
7 dari 7 halaman

Skuad

Kiper: Fajar Setya, Ray Redondo, Wahyu Tri Nugroho, Yofanda Pranata

Belakang: Alfeandra Dewangga, Alie Sesay, Aqsha Saniskara, Daley Akbar, Frendi Saputra, Kartika Vedhayanto, Rio Saputro, Syiha Buddin, Taufik Hidayat, Wahyu Prasetyo

Tengah: Damas Damar, Delvin Rumbino, Eduardus Aditya, Eka Febri Setiawan, Guntur Triaji, Jonathan Cantillana, Raka Askara, Reza Irfana, Ridho Syuhada, Septian David Maulana

Penyerang: Andreas Ado, Bahril Fahreza, Carlos Fortes, Farrel Arya, Hari Nur Yulianto, Oktafianus Fernando, Rachmad Hidayat, Taisei Marukawa, Wawan Febrianto

 

Video Populer

Foto Populer