Sukses


Daftar Lengkap Pemain Asal Jepang di BRI Liga 1 2022 / 2023: Taisei Marukawa Lanjutkan Jejak Shohei Matsunaga

Bola.com, Jakarta - Memakai pemain dari Jepang menjadi tren buat klub BRI Liga 1 2022/2023. Taisei Marukawa bisa dibilang satu di antara pesepak bola Negeri Samurai terbaik di Indonesia saat ini.

Keputusan panitia BRI Liga 1 2022/2023 menerapkan peraturan pemain asing menjadi berkah buat pesepak bola Asia, terutama dari Jepang. Meski demikian, ada klub-klub yang menyasar negara dari Benua Kuning lainnya, seperti Korea Selatan, Palestina, hingga Timor Leste.

Sebagai informasi, pesepak bola asal Jepang tersebar di hampir seluruh benua. Saking banyaknya, Marukawa saja tidak memulai karier sepak bola profesional di negara asalnya.

Di BRI Liga 1 2022/2023, ada sembilan pemain asal Jepang yang beredar. Khusus Mitsuru Maruoka, RANS Nusantara FC masih mengupayakan agar bisa didaftarkan.

2 dari 5 halaman

Kiprah Pemain Jepang di Sepak Bola Indonesia

Dalam 7-8 musim terakhir, jauh sebelum kehadiran Taisei Marukawa gerbong pemain asal Jepang mulai meramaikan sepak bola Indonesia. Kenji Adachihara, Shohei Matsunaga, Yuichi Shibakoya, hingga Tomoyuki Sakai adalah nama-nama yang muncul, tepatnya pada Liga Super Indonesia 2011/2012.

Dua di antaranya, yakni Kenji Adachihara dan Shohei Matsunaga bertahan di Liga Indonesia, meski berganti klub. Setelah itu, pada 2014, Persiba Bantul mengontrak Atsushi Yonezawa.

Regulasi pemain asing tak berubah meski era berganti menjadi era Liga 1 pada 2017. Hal ini menambah antusias tim-tim untuk mendatangkan pemain-pemain Asia, khususnya dari Jepang.

3 dari 5 halaman

Era Liga 1

Bola.com mencatat ada enam pemain asal Jepang yang mentas di Liga 1 2017. Shohei Matsunaga jadi yang paling awet.

Selain Shohei, enam pemain lainnya adalah Kunihiro Yamashita, Yusuke Kato, Kosuke Uchida, Ryutaro Karube, dan Masahito Noto. Sayang, semusim kemudian hanya Shohei dan Yamashita saja yang bertahan.

Lalu pada Liga 1 2019, jumlahnya bertambah lagi jadi tiga pemain asal Jepang. Ini setidaknya jadi bukti konsistensi pesepak bola Negeri Samurai di sepak bola Indonesia dalam 10 tahun terakhir.

4 dari 5 halaman

Shohei Matsunaga Paling Betah

Di antara lusinan pesepak bola Jepang yang pernah dan masih berkarier di Indonesia, sosok Shohei Matsunaga adalah yang paling betah.

Eks Schalke 04 II itu kali pertama menginjakkan kakinya di Persib Bandung pada tahun baru 2011 dari Ehime FC. Setelah itu, menurut catatan Transfermarkt, ia tak pernah angkat kaki dari Indonesia.

Banyak tim pernah ia bela. Selain Persib, Shohei menjajal karier di Persiba Balikpapan, Gre4sik United, Persela Lamongan, dan PSMS Medan.

PSIS Semarang jadi tim Indonesia terakhir yang ia bela, yakni pada Liga 1 2019/2020. Setelah itu, Shohei belum lagi memiliki klub.

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Asal Jepang di BRI Liga 1 2022/2023

  • Katsuyoshi Kimishima (Gelandang) - Bhayangkara FC
  • Renshi Yamaguchi (Gelandang) - Arema FC
  • Kei Hirose (Gelandang) - Borneo FC
  • Taisei Marukawa (Gelandang) - PSIS Semarang
  • Kenzo Nambu (Gelandang) - PSM Makassar
  • Ryota Noma (Gelandang) - Barito Putera
  • Kodai Iida (Gelandang) - RANS Nusantara FC
  • Mitsuru Maruoka (Gelandang) - RANS Nusantara FC (masih terkendala administrasi)

Video Populer

Foto Populer