Sukses


Hore! PT LIB Pastikan Subsidi Klub BRI Liga 1 Naik, Angkanya di Atas Rp5 Miliar

Bola.com, Gianyar - Klub peserta BRI Liga 1 2022/2023 mendapatkan kabar gembira. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan, subsidi yang akan dibagikan ke klub-klub peserta naik dari musim sebelumnya.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengaku belum bisa memastikan nilai pasti yang akan diterima oleh klub peserta BRI Liga 1 2022/2023. Namun, Akhmad Hadian Lukita memastikan nilanya bertambah di atas Rp5 miliar.

"Iya angkanya di atas Rp5 miliar. Harapannya, bisa lebih banyak lagi," kata Akhmad Hadian Lukita setelah acara Launching dan Jumpa Pers Liga 1 2022-2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (23/7/2022).

Pembagian subsidi untuk klub BRI Liga 1 akan dilakukan secara bertahap. Pertama adalah subsidi yang memang sudah tetap dan kedua adalah subsidi yang masih harus dibicarakan dengan klub peserta BRI Liga 1.

"Misalnya yang kami diskusikan adalah soal sporting merit. Apakah nanti rating televisi juga masuk ke situ. Ini yang masih belum ketemu, nanti akan disiapkan. Mudah-mudahan sudah ada rumusannya nanti," tegas Akhmad Hadian Lukita.

2 dari 5 halaman

Tergantung Kebijakan

Akhmad Hadian Lukita juga menjawab soal isu pendapatkan tiket pertandingan klub BRI Liga 1 yang akan dipotong 10 persen oleh PSSI. Menurut dia, semua itu kembali ke kebijakan masing-masing.

"Itu sebenarnya perjanjiannya antara klub dan vendor. Itu tergantung dengan kebijakan dari kota masing-masing. Kami tidak tahu soal itu," ucap Akhmad Hadian Lukita.

BRI Liga 1 2022-2023 resmi dimulai Sabtu (22/7/2023). Sebanyak empat laga yang dimainkan pada hari ini termasuk duel antara Bali United melawan Persija Jakarta.

3 dari 5 halaman

Dimeriahkan Artis Ternama

Pembukaan BRI Liga 1 2022/2023 bakal digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar dengan menghadirkan laga Bali United melawan Persija Jakarta.

Direktur Programing SCM, Harsiwi Achmad, menyebut penampilan musik hingga persembahan tari-tarian akan digelar untuk menghibur penonton sebelum pertandingan berlangsung.

"Kami buat kemasan agar sepak bola menyatu dengan hiburan. Contohnya hari ini pada opening ceremony, untuk pertama kalinya kami campur dengan hiburan," kata Harsiwi Achmad dalam konferensi pers di Gianyar, Bali.

"Ada Jamrud, Via Vallen, 350 penari kecak karena ada di bali. Kemudian ada 30 penari kontemporer yang akan membuka perhelatan akbar sepak bola di indonesia," tegas Harsiwi Achmad.

4 dari 5 halaman

BRI Kembali Jadi Titel Kompetisi

BRI kembali menjadi titel kompetisi pada musim ini. Kompetisi elite sepak bola Indonesia itu bakal digelar dengan menggunakan nama BRI Liga 1 2022/2023.

Proses launching digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, Direktur Programming SCM, Harsiwi Achmad, dan Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto.

Sementara itu, EMTEK melalui Surya Citra Media menjadi pemegang hak siar BRI Liga 1 2022/2023. Nantinya, ada 306 pertandingan yang disiarkan selama semusim dan bisa disaksikan melalui televisi maupun layanan live streaming.

5 dari 5 halaman

Ucapan Terima Kasih

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan sponsor yang sudah memberikan kepercayaan untuk menggelar kompetisi musim ini. Iriawan juga menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh pihak agar musim ini bisa berlangsung aman dan lancar.

"Terima kasih kepada pemerintah. Tanpa pemerintah, kompetisi tidak akan jelas. Kami harus mendapatkan rekomendasi dari Kemenkes, Kemenpora, Satgas COVID-19, baru rapat koordinasi dua kali," tutur Iriawan.

"Kami bangga sekali dengan Pak Presiden Joko Widodo yang begitu atensi dengan sepak bola. Terima kasih kepada para sponsor, BRI, Emtek Group, KukuBima, Shopee, Le Minerale, dan Luwak White Coffee," ujar Iriawan.

Video Populer

Foto Populer