Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persebaya Setuju Keputusan Wasit Hadiahkan Penalti kepada Persikabo 1973

Bola.com, Bogor - Persebaya Surabaya mengawali BRI Liga 1 2022/2023 dengan hasil minor. Mereka kalah tipis 0-1 saat bertandang ke markas Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (25/7/2022) malam.

Gol tunggal laga ini dicetak oleh Gustavo Tocantins pada menit ke-53 lewat eksekusi penalti. Itu merupakan buah kesalahan bek Persebaya Surabaya, Dandi Maulana, yang melakukan tekel kepada Dimas Drajad saat membawa bola.

Sepanjang pertandingan, Persikabo 1973 kesulitan menembus pertahanan Persebaya. Bahkan hanya ada satu peluang saja yang berhasil dicatatkan anak asuh Djadjang Nurdjaman tersebut.

Satu peluang itulah yang kemudian yang berbuah gol. Persebaya Surabaya yang terus menerus menekan justru dihukum oleh kesalahan lini pertahanan.

 

2 dari 5 halaman

Sepakat dengan Keputusan Wasit

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sangat menyayangkan pelanggaran yang dilakukan oleh Dandi Maulana itu. Kesalahan yang dilakukannya harus dibayar mahal karena Bajul Ijo gagal mengemas angka.

“Sebenarnya posisi bola saat itu tidak berbahaya, tapi karena keputusan yang diambil terlalu cepat, terjadilah,” ungkap Aji Santoso.

“Padahal penalti ini hanya satu-satunya peluang dari Persikabo. Yang seharusnya tidak di-sliding, tapi justru di-sliding. Ya memang secara jelas saya lihat itu adalah penalti, keputusan wasit sudah tepat,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Ulasan Statistik

Secara permainan, Persebaya bisa dibilang lebih unggul. Catatan statistik menunjukkan bahwa Persebaya mampu membukukan 13 tembakan, lima di antaranya mengarah ke gawang Persikabo.

Bandingkan saja dengan Persikabo yang hanya membukukan enam tembakan. Eksekusi penalti Gustavo Tocantins bahkan jadi satu-satunya tembakan mengarah ke gawang yang dilakukan oleh Laskar Pajajaran.

Dari segi penguasaan bola, kedua tim relatif bermain berimbang dan berani keluar untuk menyerang. Sayangnya, Persebaya gagal memanfaatkan beberapa peluang emas yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol.

 

4 dari 5 halaman

Sudah Wanti-Wanti

Hasil ini membuat Persebaya masih belum mengemas angka di Liga 1 2022/2023. Mereka bersama enam tim lainnya menelan kekalahan di pekan pertama ini, di antaranya adalah Persis Solo, PSS Sleman, Persija Jakarta, Persik Kediri, Arema FC, dan Barito Putera.

“Saya melihat pertandingan sebetulnya berjalan dengan imbang, tetapi kesalahan pemain belakang yang sebetulnya sudah saya wanti-wanti untuk tidak melakukan pelanggaran di lini belakang. Justru malah terjadi,” tuturnya.

Berikutnya, Persebaya akan melakoni pekan kedua dengan status sebagai tuan rumah. Bajul Ijo dijadwalkan menjamu Persita Tangerang di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8/2022).

5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer