Sukses


BRI Liga 1: Permintaan Walikota Solo, Kelompok Suporter Persis Solo yang Terlibat Keributan di Yogyakarta Masuk Daftar Hitam

Bola.com, Solo - Keributan yang melibatkan oknum kelompok suporter Persis Solo dengan kelompok suporter PSIM Yogyakarta terjadi di beberapa titik di Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Sleman pada Senin (25/7/2022).

Keributan itu mengakibatkan beberapa orang terluka. Selain itu beberapa fasilitas umum dan properti milik warga pun rusak.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka pun tampak kesal dengan kejadian itu. Ia meminta manajemen Persis Solo bertindak tegas.

Satu di antaranya dengan melakukan blacklist alias memasukkan kelompok suporter yang terlibat dalam keributan itu ke dalam daftar hitam. Artinya mereka tidak diperbolehkan menonton pertandingan Persis Solo lagi.

"Saya memerintahkan manajemen Persis Solo untuk sangat selektif sekali dalam penjualan tiket. Ini kan sudah ketahuan siapa saja pelakunya, dari kelompok mana. Mungkin ke depan tidak perlu diberi tiket, di-blacklist, tapi nanti biar manajemen (Persis) saja," kata Gibran.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Tangkap Provokator

Gibran pun tak menampik adanya provokasi dari kedua belah pihak suporter sebelum terjadinya kejadian keributan itu. Ia meminta pihak Kepolisian bertindak tegas dengan menangkap siapa saja yang diduga kuat menjadi provokator.

"Silakan dinilai sendiri video sudah jelas, kata-katanya juga sudah cukup jelas, provokasi dan pokoknya yang berwajib sudah mengidentifikasi siapa saja," kata Gibran.

 

3 dari 5 halaman

Sudah Diberikan Rekomendasi

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu pun menyatakan pihaknya sudah menyarankan kepada seluruh kelompok suporter Persis untuk tidak melewati Yogyakarta ketika akan berangkat ke Magelang untuk mendukung Persis.

"Sebelum berangkat sudah kami sarankan untuk teman-teman Garis Keras, Pasoepati, Surakartans dan lain-lain lewatnya Selo (Boyolali) saja. Ada beberapa yang masuk Yogya, dan itu tidak kami rekomendasikan untuk lewat situ," sambung Gibran.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Siap Ganti Kerugian

Lebih lanjut, Gibran sebagai walikota Solo juga mengungkapkan permintaan maaf kepada masyarakat Yogyakarta atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat kejadian tersebut.

Juga masyarakat yang menjadi korban kerusuhan itu. Terutama mereka yang mengalami kerugian baik secara finansial maupun kerugian yang lain.

Gibran pun menyatakan siap mengganti kerugian yang dialami masyarakat akibat dari kerugian tersebut.

"Yang jelas saya memohon maaf sebesar-besarnya untuk warga Yogya yang mungkin kemarin merasa tidak nyaman atas kejadian ini. Saya bertanggung jawab penuh apabila ada kerusakan-kerusakan atau hal-hal yang lain-lain," tandas Gibran.

5 dari 5 halaman

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer