Sukses


Man of the Match Persebaya Vs Persita di BRI Liga 1: Rizky Ridho, Kapten Sekaligus Palang Tangguh Bajul Ijo

Bola.com, Surabaya - Keputusan pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menunjuk Rizky Ridho sebagai kapten tim benar-benar berdampak besar. Pemain asli Surabaya itu membawa dampak positif untuk kemenangan tim.

Persebaya Surabaya sukses memetik kemenangan perdana di BRI Liga 1 2022/2023. Bajul Ijo unggul 2-0 saat menjamu Persita dalam pekan kedua di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8/2022) malam.

Dua gol Persebaya dicetak oleh Sho Yamamoto (23’) dan Rizky Ridho (57’). Permainan agresif mereka memang kentara, sedangkan Persita gagal mencetak gol balasan karena kalah jumlah pemain.

Nama-nama macam Sho Yamamoto hingga Higor Vidal mungkin banyak menghiasi layar kaca lewat tembakan maupun umpan-umpan matang. Maklum saja, mereka menghuni posisi di lini depan dan tengah.

Tapi, sosok Rizky Ridho tentu tak boleh terlewatkan. Stoper berusia 20 tahun itu benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik. Berduet dengan Riswan Lauhin di jantung pertahanan Persebaya Surabaya, Rizky Ridho sulit dilewati.

2 dari 5 halaman

Sigap di Pertahanan, Agresif Bantu Serangan

Pemain jebolan kompetisi internal Persebaya Surabaya itu sangat sigap menghalau serangan lawan. Tak segan melakukan tekel, intersep, hingga memenangi duel udara menjadi keunggulan Rizky Ridho. Hal ini tentu membuat lini bertahan Persebaya lebih tenang.

Kemampuan itu lantas dilengkapinya dengan gol kedua untuk Bajul Ijo pada menit ke-57. Itu bermula dari sepak pojok Higor Vidal yang sangat terarah ke kotak penalti lawan. Dari jarak cukup jauh, kapten Rizky Ridho menanduk bola dan gagal dibendung Dhika Bayangkara.

Menariknya, duel ini merupakan momen Rizky Ridho menjabat sebagai kapten Persebaya lantaran Alwi Slamat mengalami cedera. Dia mampu menunjukkan kepemimpinan yang luar biasa meski masih belia.

 

3 dari 5 halaman

Bukan Kali Pertama Jadi Kapten Tim

Rizky Ridho merupakan pemain jebolan kompetisi internal Persebaya Surabaya. Ditambah statusnya sebagai putra daerah Surabaya, latar belakang itu membuatnya sudah memahami gaya permainan Bajul Ijo. Namanya sudah diandalkan di lini belakang meski masih muda.

Jabatan kapten di Persebaya sendiri bukan kali pertama diemban Rizky Ridho. Sebelumnya dia juga pernah dipercaya sebagai kapten Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 pada 2019 lalu.

Pada usia masih 19 tahun pada 2021, Rizky Ridho mulai diandalkan pula sebagai bek Timnas Indonesia arahan pelatih Shin Tae-yong.

Pertandingan Persebaya kontra Persita ini semakin menunjukkan bahwa Rizky Ridho memang bek berkualitas dan akan menjadi tumpuan Timnas Indonesia di masa depan.

4 dari 5 halaman

Hasil Persebaya di BRI Liga 1 2022/2023

25 Juli 2022

1 Agustus 2022

  • Persebaya Surabaya 2-0 Persita Tangerang
  • Stadion Gelora Bung Tomo
5 dari 5 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer