Sukses


Thailand Kaji Rencana Kirim Tim U-23 ke Piala AFF 2022 Senior, Meremehkan Timnas Indonesia?

Bola.com, Bangkok - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) berencana mengirimkan skuad U-23 ke Piala AFF 2022 senior. Presiden FAT Somyot Poompanmoung disebut puas dengan kinerja skuad U-23.

Menurut Thairath, FAT memang belum mencapai kesepakatan terkait mengirimkan skuad U-23 ke Piala AFF 2022. Namun, Somyot Poompanmoung terlihat antusias dengan rencana tersebut.

"FAT memiliki kebijakan untuk mempertimbangkan generasi U-23 sebagai target investasi utama. Dengan generasi pemain ini, sepak bola Thailand bisa unjuk gigi di luar Asia Tenggara," kata Somyot Poompanmoung.

Tujuan menurunkan skuad U-23 ke Piala AFF 2022 senior sebagai investasi jangka panjang. FAT memasang target agar skuad U-23 bisa berprestasi di Olimpiade Paris 2024.

2 dari 5 halaman

Investasi Jangka Panjang

Somyot Poompanmoung menegaskan, FAT saat ini menjadikan skuad U-23 sebagai investasi jangka panjang. Thailand pada masa depan diharapkan tak lagi hanya menjadikan Asia Tenggara sebagai target, melainkan sudah ke dunia.

"Tidak semua turnamen regiolnal seperti Piala AFF menjangkau di luar kawasan. Oleh karena itu, kami akan memutuskan untuk mendekati Asia dan dunia," ujar Somyot Poompanmoung.

"Sepak bola Thailand harus bermain di turnamen utama dan FIFA, bukan yang tidak bersertifikat," tegas Somyot Poompanmoung.

3 dari 5 halaman

Keputusan Berani

Keputusan menggunakan skuad U-23 di Piala AFF 2022 senior tentu menjadi sebuah keputusan berani. Meski demikian, sepak bola Thailand dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan signifikan.

Pada SEA Games 2021, skuad U-23 Thaliland berhasil meraih medali perak. Skuad itu diprediksi bakal dipertahankan oleh pelatih Alexandre Polking pada turnamen akhir tahun nanti.

4 dari 5 halaman

Meremehkan Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia tentu akan menurunkan skuad terbaik pada Piala AFF 2022. Pasukan Shin Tae-yong diharapkan bisa mengakhiri puasa gelar pada turnamen kawasan Asia Tenggara itu.

Timnas Garuda tentu bisa memaksimalkan kesempatan tersebut untuk berprestasi. Namun, Thailand tak bisa dibilang meremehkan Egy Maulana Vikri dkk.

Pada Piala AFF 2020 lalu skuad Timnas Indonesia juga dihuni para pemain muda. Menarik untuk menyaksikan persaingan pada Piala AFF 2022 nanti.

5 dari 5 halaman

Jadwal Piala AFF 2022

Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) belum memutuskan format dan tuan rumah Piala AFF 2022. Namun, turnamen tersebut rencananya akan digelar pada Desember 2022 sampai Januari 2023.

AFF juga belum mengonfirmasi format yang akan digunakan pada turnamen nanti. Apakah akan dikembalikan ke semula yakni tidak ada tuan rumah atau digelar terpusat.

Video Populer

Foto Populer