Sukses


Duel Pelatih Bali United Vs RANS Nusantara di BRI Liga 1: Sama-Sama Matang Pengalaman dan Bertabur Gelar

Bola.com, Gainyar - Duel Bali United kontra RANS Nusantara FC pada pekan ketiga BRI Liga 1 202/2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Kamis (4/8/2022) malam WIB, tidak hanya reuni Wawan Hendrawan dengan Bali United yang pernah dibelanya selama lima tahun.

Namun dibalik itu semua, ada duel kedua pelatih bertangan dingin dengan segudang gelar juara. Keduanya adalah Stefano Cugurra Teco di Bali United dan Rahmad Darmawan di RANS Nusantara FC.

Jika diamati, kedua pelatih tersebut punya karakteristik yang berbeda. Tidak segan-segan juga keduanya saling berbalas pujian.

Rahmad Darmawan adalah satu di antara pelatih dengan gelar terbanyak. Persipura Jayapura dibawanya menjadi raja ISL 2015. Dua tahun berselang, Sriwijaya FC yang dibawanya berjaya.

Selain itu, bersama Sriwijaya FC, pria yang akrab disapa coach RD mengemas tiga gelar Copa Indonesia edisi 2008, 2009, dan 2010. Di sisi lain, Teco memiliki gelar yang tidak kalah impresif.

Bersama Persija Jakarta dan Bali United, pelatih berpaspor Brasil itu meraih hat-trick gelar juara Liga 1 mulai dari 2018, 2019, dan musim 2021/2022.

Jauh sebelumnya, dia juga turun membantu Persebaya Surabaya meraih gelar juara Liga Indonesia sebagai pelatih fisik.

 

2 dari 5 halaman

Matang Meracik Strategi

Secara pengalaman, jelas keduanya sangat matang dalam meracik strategi. Stefano Cugurra dan Rahmad Darmawan juga sama-sama sudah membaca bagaimana gaya permainan tim yang diarsiteki.

Bahkan, tidak segan-segan RD dan Teco saling berbalas pujian. Hal itu diungkapkan keduanya saat konferensi pers jelang pertandingan Bali United versus RANS Nusantara FC.

RD sempat merendah ketika disinggung terkait pernyataan pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro, jelang pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2022/2023.

"Coach Seto itu hanya menyenangkan saya saja. Tapi saya pikir setiap pelatih punya porsi dan job desk yang sama," terangnya.

 

3 dari 5 halaman

Pujian RD untuk Teco

Rahamad Darmawan juga memuji Teco sebagai satu di antara pelatih yang cukup berpengaruh di Liga Indonesia, terutama untuk Bali United.

"Soal Coach Teco, apa yang dia alami tentu banyak pelatih juga alami. Tapi dia memiliki kualitas dan cukup lama ada di Indonesia. Coach Teco ini bukan sebentar melatih," kata Rahmad Darmawan.

"Dia sudah berpengalaman di Thailand dan Indonesia. Dia juga sempat bersama Coach Jacksen serta pernah di Persija juga. Jadi dia berpengalaman dan berpengaruh besarm" tegasnya.

"Artinya di Bali United, kualitas pelatih dan pemain sama-sama menjadi hal kuat satu sama lain," tambahnya.

 

4 dari 5 halaman

Akui Kualitas Rahmad Darmawan

Senada dengan RD, Teco juga ikut memuji. Dia tahu kualitas RD. Terlebih ketika menukangi Barito Putera di BRI Liga 1 2021/2022.

Dia berhasil menyelamatkan Barito dari jurang degradasi. Selain itu di tangan RD, RANS Nusantara FC akhirnya menjadi runner-up Liga 2 dan promosi ke BRI Liga 1 musim ini.

"Dia bisa menaikkan (promosi) RANS dari Liga 2 ke Liga 1. Jelas hal tersebut tidak mudah. Lalu dia bisa membawa Barito lolos dari degradasi. Waktu itu saya melihat situasi di sana sangat sulit dan harus berjuang lolos," ucapnya singkat.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi Klub Favorit Kamu di Bawah Ini:

Video Populer

Foto Populer