Sukses


BRI Liga 1: Taisei Marukawa Membuka Gerbang Pemain Jepang di Indonesia

Bola.com, Surabaya - Fenomena Taisei Marukawa memberi dampak bagi kelanjutan BRI Liga 1 2022/2023. Hal itu tidak lepas dari prestasinya menjadi pemain terbaik di BRI Liga 1 musim lalu.

Winger asal Jepang itu mampu mencetak 17 gol dan sembilan assist bersama Persebaya Surabaya pada musim lalu. Marukawa kini telah memilih hengkang dan bergabung PSIS Semarang di musim baru.

Apa yang dilakukan oleh Marukawa itu rupanya membuat para pemain Jepang lainnya tertarik untuk berkarier di Indonesia. Agen Marukawa, Aggy Eka Ressy, banyak dikontak pemain Jepang setelah munculnya prestasi Marukawa itu.

"Di Jepang itu, banyak pemain yang tahu, karena Marukawa itu booming. Jadi, di sana, dia membuat wawancara," kata Aggy dalam sebuah video wawancara di kanal YouTube Ram Surahman.

"Katanya, dia sudah seperti superstar, gajinya besar, setara J League 1. Akhirnya semua tertarik datang. Banyak pemain Jepang mengontak saya. Saya masukkan lebih banyak pemain Jepang tahun ini," imbuhnya.

2 dari 5 halaman

Mengalir Deras

Persebaya sendiri lantas mengisi slot yang ditinggalkan Marukawa dengan winger asal Jepang juga, yakni Sho Yamamoto. Perlahan, Yamamoto pun mampu beradaptasi dengan permainan Liga 1 pada musim debutnya.

Selain itu, masih ada tiga pemain Jepang anyar lainnya di Liga 1 musim ini. Mereka adalah Tomoki Wada (Persikabi 1973), Kenzo Nambu (PSM Makassar), dan Mitsuru Maruoka (RANS Nusantara).

Deretan nama itu melengkap sosok Kei Hirose (Borneo FC) dan Renshi Yamaguchi (Arema FC) yang juga lebih dulu berkarier di Indonesia.

3 dari 5 halaman

Gaji Besar?

Aggy kemudian bercerita bahwa gaji di Liga Jepang bisa dibilang bersaing dengan Liga 1. Dari sana, banyak pesepak bola dari negeri samurai tertarik berkarier di Indonesia.

"Salah satu pemain bilang, waktu dia SMA, dia di sekolah itu tidak pernah di tim B, makanya tidak bisa menembus J League, main di Malta," ujar Aggy.

"Saya tahu di sana gajinya Marukawa, mungkin sama pemain lokal sini kalah. Terus ke sini sudah lumayan. Akhirnya semua tertarik dan semua respek, membuka jalan pemain Jepang. Kalau Marukawa bisa, pemain lain pasti bisa," tuturnya.

4 dari 5 halaman

Daftar Pesepak Bola Asal Jepang di BRI Liga 1 2022/2023

  • Katsuyoshi Kimishima (Gelandang) - Bhayangkara FC
  • Renshi Yamaguchi (Gelandang) - Arema FC
  • Kei Hirose (Gelandang) - Borneo FC
  • Taisei Marukawa (Gelandang) - PSIS Semarang
  • Kenzo Nambu (Gelandang) - PSM Makassar
  • Ryota Noma (Gelandang) - Barito Putera
  • Kodai Iida (Gelandang) - RANS Nusantara FC
  • Mitsuru Maruoka (Gelandang) - RANS Nusantara FC (masih terkendala administrasi)
5 dari 5 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2022/2023

Video Populer

Foto Populer