Sukses


Duel Pelatih PSM Vs Persija di BRI Liga 1: Adu Strategi Khas Eropa

Bola.com, Parepare - PSM Makassar akan menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora B.J. Habibie, Jumat (5/8/2022). Duel itu jadi pertaruhan kecerdikan antara dua pelatih Eropa.

Pertandingan PSM Makassar melawan Persija Jakarta akan menandai pertemuan pertama buat pelatih Bernardo Tavares dan Thomas Doll di Indonesia. Kedua pelatih sama-sama berasal dari Eropa, Tavares dari Portugal dan Doll dari Jerman.

Asal negara kedua pelatih tersebut secara langsung memengaruhi gaya permainan di tim masing-masing. Keduanya sukses membawa gaya permainan khas Eropa yang sederhana, namun terbukti ampuh merepotkan.

Situasi itu membuat pertandingan PSM Makassar kontra Persija Jakarta bakal berlangsung dengan tempo tinggi. Kecerdikan masing-masing pelatih dan keputusan memilih susunan pemain bakal menjadi kunci untuk meraih kemenangan di BRI Liga 1 2022/2023.

2 dari 5 halaman

Permainan Cerdik

Menghadapi Persija Jakarta menjadi ujian berat buat Bernardo Tavares dan PSM Makassar. Meski demikian, PSM sedang dalam tren positif setelah meraih dua kemenangan beruntun.

Pelatih Bernardo Tavares merupakan sosok yang cerdik dalam memilih gaya bermain. Bersama Tavares, performa Tim Juku Eja menanjak seiring memainkan skema 3-5-2 yang jadi andalan.

Permainan mengandalkan serangan dari sayap terbukti efektif di PSM. Tavares juga berhasil meningkatkan ketajaman PSM Makassar dengan hadirnya Everton dan Wiljan Pluim.

Sementara itu, kecerdikan Tavares juga mamaksimalkan performa Rizky Eka Pratama dan Yakob Sayuri di lini sayap. Sejauh ini kedua pemain tersebut terbukti jadi motor serangan PSM.

3 dari 5 halaman

Masih Banyak Penyesuaian

Perlahan namun pasti, Persija Jakarta asuhan Thomas Doll mulai menunjukkan tajinya di BRI Liga 1 2022/2023. Tim Macan Kemayoran bersama Thomas Doll terlihat bak tim yang bukan berasal dari Indonesia.

Doll mengubah total gaya permainan Persija yang sederhana, namun mematikan. Reformasi yang dilakukan Thomas Doll meliputi gaya permainan dengan mengandalkan bola pendek dan penguasaan bola.

Namun, tetap saja ada kelemahan yang terlihat dengan menerapkan gaya khas Eropa tersebut. Stamina para pemain Persija cenderung lebih cepat drop, terutama pada babak kedua.

Thomas Doll diyakini masih akan memainkan skema 3-5-2. Riko Simanjuntak dan Abdulla Yusuf Helal diprediksi bakal menjadi duet maut yang siap menerkam lini pertahanan PSM.

4 dari 5 halaman

Head to Head

Pertandingan nanti menjadi pertemuan ke-13 bagi kedua tim sejak 2016. Persija Jakarta punya catatan bagus menghadapi PSM Makassar.

Persija tercatat meraih lima kemenangan, PSM meraih tiga kemenangan. Sementara itu, empat laga lainnya berakhir imbang.

Namun, catatan-catatan tersebut tak bisa jadi tolok ukur. Kedua tim sejauh ini sudah mengalami perubahan dan perkembangan signifikan.

5 dari 5 halaman

Simak Posisi PSM dan Persija di BRI Liga 1 Musim Ini:

Video Populer

Foto Populer