Sukses


Hasil BRI Liga 1: PSIS Catatkan Kemenangan Perdana, Madura United Masih Sempurna

Bola.com, Semarang - PSIS Semarang berhasil meraih kemenangan perdana di BRI Liga 1 2022/2023, setelah mengalahkan tamunya Barito Putera di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (6/8/2022) sore WIB. Tim berjulukan Laskar Mahesa Jenar menang tipis 2-1 atas tamunya.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, PSIS Semarang bermain lebih dominan. Namun mereka tertinggal lebih dulu lewat gol striker Barito Putera, Rafael Silva.

Setelah itu mereka berhasil membalas dengan dua gol Jonathan Cantillana dan Wawan Febrianto. Sementara di pertandingan lainnya, Madura United berhasil meraih kemenangan ketiganya secara beruntun.

Laskar Sappe Kerrab menang tipis 1-0 atas Persik Kediri melalui gol tunggal Esteban Vizcarra di Stadion Ratu Pamelingan. Hasil ini membuat Madura United kukuh di puncak klasemen sementara dengan nilai sempurna sembilan poin.

2 dari 9 halaman

Jalannya Pertandingan

Dua tim bermain hati-hati di awal laga. PSIS baru memiliki peluang di menit 8 lewat aksi Taisei Marukawa. Dia mencuri bola dari pemain belakang Barito Putera lebih dulu. Tapi tendangannya masih menyamping.

Justru Barito Putera yang berhasil memecah kebuntuan. Di menit 16, crossing Rizky Pora berhasil ditanduk Rafael Silva. Bola tak bisa digapai kiper PSIS, Ray Redondo.

Konsentasi lini belakang PSIS sepertinya belum 100 persen. Sehingga Rafael yang posturnya tidak jangkung berhasil memenangi duel udara.

3 dari 9 halaman

Samakan Kedudukan

Unggul 1-0 tak membuat Barito Putera mengubah permainan. Mereka tetap bermain disiplin dan menumpuk hampir semua pemain di daerah sendiri saat kalah bola. Sementara PSIS masih berupaya membongkar pertahanan lawan.

Menit 27, akselerasi Marukawa berbuah penalti. Wasit menilai ada pelanggaran yang dilakukan Frank Sokoy kepada gelandang asal Jepang itu. Jonathan Cantillana berhasil menjalankan tugasnya sebagai algojo penalti. Skor menjadi imbang 1-1.

4 dari 9 halaman

Berbalik Unggul

Menit 30, PSIS berhasil membalik keadaan. Mahesa Jenar mencetak gol kedua lewat tandukan Wawan Febrianto.

Situasi bola mati seakan jadi senjata PSIS di laga ini. Karena gol kedua bermula dari tendangan bebas bek kiri, Frendi Saputra. Sebenarnya PSIS punya targetman haus gol, Carlos Fortes.

Namun dia jadi cadangan karena baru pulih dari cedera. Gantinya, striker lokal Andreas Chirsmanto Ado sulit menembus hadangan defender Barito Putera.

Setelah tertinggal, Barito Putera sempat mencuri beberapa peluang. Namun eksekusi Rafael Silva belum ada yang menemui sasaran. Begitu juga dengan peluang lain lewat bola mati. Belum ada yang mengarah ke gawang. Hingga turun minum, PSIS berhasil unggul 2-1.

5 dari 9 halaman

Kegagalan Eksekusi Penalti Marukawa

Babak kedua, PSIS dan Barito Putera masih mempertahankan komposisi starternya. Belum ada pergantian yang dilakukan. PSIS tetap mendominasi permainan. Marukawa dan Wawan tumpuan PSIS dalam membangun serangan dari sektor sayap kanan dan kiri.

Menit 53, Wawan punya kans menambah gol di laga ini. Bola liar hasil tendangan Fendri Saputra jatuh didepannya. Sayang, Wawan memilih tendangan keras sehingga bola justru tebang tinggi.

Menit 61 lagi-lagi PSIS membuat peluang emas. Bermula dari akselerasi Marukawa, lalu dia memberikan umpan matang kepadan Jonathan. Tapi tendangannya bisa ditepis kiper Barito Putera, Joko Ribowo.

6 dari 9 halaman

Sengit di Pengujung Laga

Secara permainan, PSIS lebih rapi di babak kedua. Satu dua sentuhan di lini tengah lebih cair. Hanya saja tidak ada striker murni yang bisa jadi finisher. S

ementara Barito Putera baru punya momen menekan di menit 72. Crossing Rizky Pora kembali mengarah pada Rafael Silva. Tapi kali ini tandukannya melambung.

Menit 87, PSIS dapat tendangan penalti lagi. Tusukan Andreas didalam kotak penalti dilanggar bek Barito Putera, Doni Monim. Namun, Marukawa yang jadi eksekutor tendangannya bisa ditepis Joko Ribowo.

Di pengujung laga, Barito Putera hampir menyamakan kedudukan. Tapi dua peluang emas yang didapatkan tidak bisa mengarah ke gawang. Hingga laga usai, PSIS berhasil mengamankan kemenangan 2-1.

7 dari 9 halaman

Daftar Susunan Pemain

PSIS (4-3-3): Ray Redondo (kiper); Fredyan Wahyu, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra (belakang); Delfin Rumbino, Alfeandra Dewangga, Jonathan Cantillana (tengah); Wawan Febrianto, Andreas Ado, Taisei Marukawa (depan).

Pelatih: Sergio Alexandre

Barito Putera (4-2-3-1): Joko Ribowo (kiper); Bagas Kaffa, Doni Monim, Renan Alves, Frank Sokoy (belakang); Bayu Pradana, Luthfi Kamal; Amrizal Umanailo, Rafinha, Rizky Pora (tengah); Rafael Silva (depan).

Pelatih: Dejan Antonic

8 dari 9 halaman

Madura United Menang Lagi

Setelah laga PSIS kontra Barito Putera dilanjutkan pertandingan antara Madura United melawan Persik Kediri di Stadion Ratu Pamelingan. Madura United sukses mengatasi perlawanan tim Macan Putih.

Esteban Vizcarra menjadi pahlawanan kemenangan Madura United melalui gol yang dicetaknya di menit ke-46. Atau saat babak kedua baru berumur satu menit.

Hasil ini membuat pasukan Sergio Lefundes selalu menang di tiga pertandingan awal. Sebelumnya Madura United membantai Barito Putera 8-0 dan mempecundangi Persib Bandung 3-1.

9 dari 9 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer