Sukses


BRI Liga 1: Pemain Muda Persebaya Alta Ballah Pulang dari Spanyol tapi Tak Ada Jaminan Bisa Tampil Hadapi Bhayangkara FC

Bola.com, Jakarta - Bek kiri Persebaya Surabaya, Alta Ballah, sudah tiba di Indonesia sejak Rabu (03/08/2022). Dia baru pulang dari Spanyol untuk melakoni trial bersama tiga klub yang berbeda di Negeri Matador.

Kebetulan, Persebaya kini sedang bersiap melakoni laga pekan ketiga BRI Liga 1 2022/2023. Bajul Ijo dijadwalkan bertandang ke markas Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Minggu (07/08/2022) malam.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, belum memberi jaminan pemain berusia 21 tahun itu akan tampil dalam pertandingan tersebut. Namun, peluang itu tetap ada meski tidak akan masuk dalam starting eleven.

"Alta tanggal 3 (Agustus) kemarin sudah pulang dari Spanyol. Hari ini dia sudah bisa bergabung dengan tim dan ikut latihan. Tetapi, untuk main tidaknya masih perlu saya cek sampai besok pagi,” ucap Aji Santoso, Sabtu (6/8/2022).

"Yang jelas, dua minggu lebih tidak bergabung dengan tim, kemungkinan saya lihat situasi. Kemungkinan dia tidak main sejak menit pertama,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

 

 

 

2 dari 5 halaman

Jebolan Persita

Alta Ballah tercatat menimba karier junior bersama Borneo FC, Persib Bandung, dan Persita Tangerang. Dia baru promosi ke tim senior bersama Persita pada BRI Liga 1 2021/2022 di usia yang masih belia, yakni 20 tahun.

Pemilik nama lengkap Altalariq Erfa Aqsal Ballah itu mampu membukukan 20 penampilan bersama Pendekar Cisadane. Sayang, dia gagal mencetak gol meski berhasil mencatatkan dua assist dalam jumlah penampilan itu.

Musim ini, dia mulai bergabung Persebaya. Di usianya yang masih muda, Alta Ballah dinilai cocok dengan gaya permainan Persebaya. Sebab, klub berjulukan Bajul Ijo itu mampu memoles pemain muda hingga bisa diandalkan di skuat inti.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Anak dari Anthony Ballah

Meski memiliki ayah berstatus WNA, Alta Ballah tidak perlu didaftarkan sebagai pemain asing. Dia lahir di Tangerang yang memegang paspor WNI sehingga bisa masuk pemain lokal Persebaya nantinya.

Itu tidak lepas dari sang ayah, Anthony Jomah Ballah. Semasa bermain, Jomah Ballah merupakan pemain asing asal Liberia yang malang melintang membela klub Indonesia. Persebaya juga termasuk klub yang dibelanya pada 2007-2009.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Trial di Spanyol

Dia lantas meninggalkan Surabaya dan berangkat ke Spanyol untuk melakoni trial. Pemilik nama lengkap Altalariq Erfa Aqsal Ballah itu juga tidak hadir dalam sesi launching tim meski namanya tetap masuk dalam daftar skuad Persebaya.

Alta Ballah dikabarkan melakoni trial di tiga klub berbeda. Tiga klub itu adalah Alicante, Real Murcia CF yang mentas di divisi tiga Spanyol, serta Valencia, salah satu klub papan atas La Liga.

5 dari 5 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer