Sukses


Hasil Piala AFF U-16 2022: Sikat Tim Kuat Vietnam, Timnas Indonesia U-16 Sapu Bersih Kemenangan dan Sabet Juara Grup

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 sukses memetik kemenangan ketiga di Grup A Piala AFF U-16 dan sekaligus meraih titek juara grup. Mereka menang 2-1 atas Vietnam U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (06/08/2022) malam.

Peluang pertama laga ini muncul di menit ketiga. Adalah Nabil Asyura yang melepas tendangan bebas keras dan mengarah ke gawang. Sayang, tembakannya bisa diamankan oleh kiper Pham Dinh Hai.

Penampilan agresif Timnas Indonesia U-16 mulai melahirkan ancaman di menit ke-18. Itu tercipta lewat tendangan bebas Narendra Tegar dari jarak cukup jauh. Dia mengarahkan bola langsung ke gawang, namun bisa ditangkap Pham Dinh Hai lagi.

Upaya serangan kembali membuat Vietnam terancam di menit ke-32. Kali ini, Arkhan Kaka dari sisi kiri mengirim umpan tarik kepada Hanif Ramadhan yang diteruskan jadi tembakan. Sayang, sepakannya melambung.

 

2 dari 5 halaman

Dihukum Penalti

Nasib sial dialami Timnas Indonesia U-16 yang dihukum penalti. Memasuki menit ke-41, Rizdjar Nurviat dianggap menjatuhkan Le Dinh Long di kotak terlarang. Hal ini sempat melahirkan protes dari para pemain Timnas Indonesia U-16.

Wasit Warintorn Sassadee tidak bergeming dan tetap memberi penalti untuk Vietnam. Alhasil, kapten Nguyen Cong Phuong jadi eksekutornya di menit ke-42. Dia pun sukses mengecoh Andrika Fathir dan membuat Vietnam U-16 unggul 1-0.

Kondisi ini memaksa Timnas Indonesia U-16 untuk tampil lebih agresif demi mencetak gol balasan. Arkhan Kaka hampir membobol gawang Vietnam di menit ke-45 setelah menerima umpan terobosan, namun sepakannya diblok.

Di waktu yang tersisa dalam babak pertama, tak ada lagi gol yang tercipta. Untuk sementara, skuat Garuda Asia tertinggal 0-1 dari tim tamu.

 

 

3 dari 5 halaman

Indonesia Cetak Dua Gol

Timnas Indonesia U-16 tancap gas melakukan serangan demi bisa membalik kedudukan. Di menit ke-47, Riski Afrisal melepas tendangan bebas keras, namun bola tembakannya bisa ditangkap oleh kiper Pham.

Gol balasan itu akhirnya muncul di menit ke-52. Itu berkat dribel Narendra Tegar yang masuk hingga kotak penalti dan diteruskan dengan umpan silang. Bola lantas disambut dengan sundulan oleh Kaka dan membuat Vietnam kebobolan.

Hanya tiga menit kemudian, Timnas Indonesia U-16 berbalik unggul. Gol kedua ini lahir lewat skema serangan balik dan membuat Nabil Asyura menerima umpan terobosan. Dengan tendangan keras, Nabil menjebol gawang Vietnam di menit ke-55.

Dalam kondisi unggul 2-1, Timnas Indonesia U-16 masih berusaha tampil menyerang. Namun, mereka lebih banyak memainkan bola di lapangan tengah. Beberapa kali, Iqbal Gwijangge dkk. juga mampu mematahkan serangan lawan.

 

4 dari 5 halaman

Gol Dianulir

Di menit ke-87, Vietnam mampu menjebol gawang Timnas Indonesia U-16 lewat tembakan keras. Bola sempat ditangkap Andrika Fathir yang kemudian diganggu pemain Vietnam lain. Bola yang masuk ke gawang dianulir wasit karena dianggap lebih dulu terjadi pelanggaran.

Wasit pun membunyikan peluit panjang dengan skor 2-1 untuk Timnas Indonesia U-16. Kemenangan ini membuat Garuda Asia menduduki puncak Grup A dengan poin sempurna, yakni 9 angka, dan status juara grup.

Hasil ini sekaligus membuat Timnas Indonesia U-16 dipastikan lolos ke semifinal. Sedangkan Vietnam masih mungkin lolos sebagai runner-up terbaik sambil masih menunggu hasil grup lain.

 

 

 

5 dari 5 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-16 (4-3-3): Andrika Fathir (kiper); Rizdjar Nurviat, Sultan Zaky, Iqbal Gwijangge, Habil Akbar; Hanif Ramadhan, Kafiatur Rizky, Narendra Tegar (tengah); Nabil Asyura, Arkhan Kaka, Riski Afrisal (depan).

Pelatih: Bima Sakti.

Vietnam U-16 (3-4-3): Pham Dinh Hai (kiper); Khuc Trung, Nguyen Huu Trong, Nguyen Luong Tuan (belakang); Nguyen Cong Phuong, Le Vanh Thuan, Le Dinh Long, Nguyen Trong Tuan (tengah); Huynh Van Danh, Bui Hoang Son, Phan Than Duc (depan).

Pelatih: Nguyen Quoc Tuan.

Video Populer

Foto Populer