Sukses


Musim Panas di Korea, Penyebab Asnawi Mangkualam Tampil Sensasional di Ansan Greeners

Bola.com, Ansan - Bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam, buka suara mengenai penampilan sensasional di Ansan Greeners FC. Menurut Asnawi, ada peran cuaca di balik performa gemilangnya di Korea Selatan.

Asnawi Mangkualam tampil mengesankan bersama Ansan Greeners FC di K-League 2. Pemain berusia 22 tahun itu berhasil mencetak dua gol dalam empat laga terakhir.

"Cuaca di Korea menjadi sangat panas dan lembab akhir-akhir ini. Namun, mirip dengan cuaca di Indonesia," kata Asnawi Mangkualam seperti dikutip Goal Korea.

"Jadi, sepertinya performa saya akan semakin baik," tegas Asnawi Mangkualam.

2 dari 5 halaman

Permainan Agresif

Asnawi Mangkualam tampil mengesankan saat bermain di posisi anyarnya di Ansan Greeners FC. Pada laga terakhir, Asnawi terlihat lebih agresif di depan, namun tak lupa membantu pertahanan.

"Itu adalah gaya agresif di Indonesia. Saya mempertahankannya di Korea, sehingga performa saya sepertinya keluar," ujar Asnawi Mangkualam.

Sayangnya, performa gemilang Asnawi gagal membantu Ansan Greeners FC meraih kemenangan. Ansan harus puas bermain imbang 2-2 melawan Seoul E-Land (6/8/2022).

3 dari 5 halaman

Diberi Pujian

Penyerang Ansan Greeners FC, Choi Geon-joo, takjub dengan popularitas Asnawi Mangkualam di Korea Selatan. Choi juga memuji Asnawi sebagai pemain yang hebat.

Kehadiran Asnawi Mangkualam mampu mendatangkan suporter ke stadion saat Ansan Greeners FC bermain. Mayoritas suporter yang hadir memang masyarakat Indonesia yang ada di Korea Selatan.

"Sejujurnya,saya tidak begitu menyadari betapa populernya Asnawi di negara asal saya sebelumnya. Namun, ketika saya mendapatkan dukungan semacam ini, maka saya juga merasa menjadi profesional sejati. Asnawi seorang pemain hebat," kata Choi Geon-joo seperti dikutip SportG.

4 dari 5 halaman

Kesulitan

Asnawi Mangkualam sebelumnya buka suara mengenai kehidupannya di Korea Selatan setelah berseragam Ansan Greeners FC. Dia  menyebut semuanya berjalan lancar meski kesulitan mencari makanan yang halal.

"Tidak banyak masalah dalam kehidupan di sini. Saya adalah seorang muslim," kata Asnawi dikutip dari Sports-G.

"Ada banyak makanan olahan babi yang tidak halal untuk dikonsumsi. Namun, saya rasa itu tidak terlalu masalah karena saya sudah menyesuaikan diri dengan semuanya," tegas bek Timnas Indonesia itu.

5 dari 5 halaman

Jawaban Berkelas

Selain itu, Asnawi Mangkualam buka suara mengenai rumor yang mengaitkannya dengan klub raksasa Korea Selatan, Jeonbuk Hyundai Motors. Dia mengaku, ingin menghormati kontraknya bersama Ansan Greeners FC.

"Saya masih memiliki kontrak dengan Ansan. Masih ada kontrak yang tersisa, jadi tentu saja menghormati Ansan harus didahulukan," kata Asnawi Mangkualam.

Meski demikian, Asnawi tentu harus berpikir ulang bila tawaran Jeonbuk Hyunday Motors benar-benar datang. Kesempatan bermain di K-League 1 tentu saja tak datang dua kali.

Video Populer

Foto Populer