Sukses


BRI Liga 1: Seorang Bayi Meninggal Setelah Dibawa Nonton Persebaya, Aji Santoso Berpesan untuk Bonek

Bola.com, Surabaya - Kisah menyedihkan mengiringi pertandingan Persebaya Surabaya di BRI Liga 1 2022/2023. Peristiwa ini terjadi setelah Bajul Ijo menang 2-0 atas Persita Tangerang dalam pekan kedua lalu di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8/2022).

Bayi berusia enam bulan dikabarkan meninggal dunia setelah diajak oleh orang tuanya menyaksikan pertandingan tersebut. Kisah ini dibagikan oleh akun Twitter @jungkangFamily pada 3 Agustus 2022 lalu yang diketahui sebagai ayah bayi tersebut.

Dalam cuitannya, bayi enam bulan itu disebutkan diajak oleh orang tuanya naik motor dari Tegal ke Surabaya demi menyaksikan pertandingan Persebaya Surabaya. Cuitan itu juga dilengkapi dengan foto sang bayi dibalut kain kafan.

“Akhirnya saya belajar apa makna ‘Persebaya Sak Tekone Izrail’ berkat ketololan yang terbungkus ego dan kesombongan saya. Yang nekat mengajak anak saya yang berusia 6 bulan untuk away dari Tegal ke Surabaya demi melihat @persebayaupdate bertanding home perdana. Semoga cukup saya saja yg tolol,” tulisnya.

“Awal kami sekeluarga motoran dengan penuh antusias menyambut laga home perdana, budhal dari Tegal jam 17.38 WIB hari Sabtu, sampai di Surabaya jam 07.15 WIB hari Minggu. Anak saya batuk-batuk semacam ada dahak, nafas agak sesak. kemudian dibawa ke RS Ewa Pangalila daerah Gunung Sari.”

2 dari 6 halaman

Dokter Berusaha Maksimal

“Namun tidak mendapatkan pertolongan maksimal, karena peralatan yang tidak memadai dan dirujuk ke RSAL. Di sini awal malapetaka, karena ternyata mengeluarkan ambulance itu susah meski judulnya kami pasien rujukan. Akhirnya kami bawa sendiri dengan motor.”

“Kena lampu merah di depan DTC Wonokromo dan kepalang sepur lewat di Wonokromo juga. hingga akhirnya sudah terlalu lemah dan tak tertolong, meski dokter di RSAL sudah berusaha maksimal.”

3 dari 6 halaman

Viral

Kisah ini sempat viral di jagat dunia maya, terutama twitter. Banyak yang menyayangkan keputusan sang pemilik akun itu nekat membawa bayinya menempuh jarak jauh demi menyaksikan Persebaya.

Istilah ‘Persebaya Sak Tekone Izrail’ sendiri cukup populer di kalangan Bonek. Itu untuk menggambarkan bahwa mereka siap mendukung Persebaya sampai datangnya malaikat maut, atau loyalitas hingga akhir hayat.

Sayangnya, peristiwa meninggalnya Bonek kerap mengiringi cerita dalam pertandingan Persebaya, terutama dalam perjalanan mereka ke stadion. Kisah ini juga masih terus berulang akibat kurang hati-hati dalam beperjalanan.

4 dari 6 halaman

Turut Berduka

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sudah mendengar kabar ini. Dia ikut berduka cita dan menyampaikan pesan kepada Bonek, suporter Persebaya, untuk lebih bijak dalam memberi dukungan kepada timnya.

“Saya sangat berbelasungkawa dengan anaknya yang meninggal. Tetapi, harus lebih bijaksana lagi, lebih pintar lagi, bahwa nyawa lebih penting dari sepak bola,” ungkap Aji Santoso.

“Saya tahu dia sangat fanatik dengan tim Persebaya. Tetapi, fanatik itu jangan sampai menimbulkan kerugian korban, apalagi nyawa. Menurut saya, perlu berhati-hati lagi,” imbuhnya.

5 dari 6 halaman

Kiprah Persebaya

Persebaya Surabaya sudah melakoni tiga pertandingan di BRI Liga 1 2022/2023. Hasilnya, Sho Yamamoto dkk. menelan dua kekalahan dan sekali menang. Posisi mereka ada di peringkat 11 dengan nilai 3.

Laga terkini yang mereka lakoni adalah saat melawat ke markas Bhayangkara FC, Minggu (7/8/2022) malam WIB. Sayangnya, Persebaya kalah tipis 0-1 dari tuan rumah melalui gol tunggal Wahyu Subo Seto.

Berikutnya, Persebaya akan melakoni partai panas bertajuk Derbi Suramadu di pekan keempat. Bajul Ijo dijadwalkan menjamu sang pemuncak klasemen, Madura United, di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (14/8/2022).

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Persebaya Saat Ini

Video Populer

Foto Populer