Sukses


Myanmar Percaya Diri Hadapi Timnas Indonesia U-16 di Semifinal Piala AFF U-16 2022, Janji Bikin Kejutan

Bola.com, Sleman - Timnas Myanmar menjadi tim yang tampil paling mengejutkan di Piala AFF U-16 2022. Mereka lolos ke semifinal dengan status juara Grup B.

Di sepanjang babak penyisihan Piala AFF U-16 2022, penampilan Myanmar pun sangat impresif. Mereka mengalahkan favorit juara, Australia dengan skor 3-2.

Malaysia berhasil ditahan imbang dengan skor 1-1. Sementara Kamboja berhasil mereka kalahkan dengan skor tipis 1-0.

2 dari 5 halaman

Siap Tempur

Rekor apik di babak penyisihan itu membuat pelatih Myanmar, Aung Zaw Myo percaya diri menyambut laga semifinal. Meski ia juga sadar betul dengan kualitas yang dimiliki Timnas Indonesia U-16.

"Pemain saya dalam kondisi bagus, kita tahan Malaysia dan main bagus lawan Kamboja. Indonesia adalah tim bagus, laga akan sulit buat kami tapi kami akan berjuang," kata Myo dalam sesi konferensi pers sebelum laga yang digelar di salah satu hotel di Sleman, Selasa (9/8/2022) siang lalu.

3 dari 5 halaman

Tak Gentar dengan Tekanan Suporter

Animo suporter Timnas Indonesia U-16 diperkirakan akan semakin tinggi di babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Belasan hingga puluhan ribu suporter diperkirakan akan memadati Stadion Maguwoharjo.

Pelatih Myanmar, Aung Zaw Myo tak masalah dengan hal itu. Ia merasa kehadiran suporter justru akan memberikan tekanan lebih kepada para pemain Timnas Indonesia U-16.

"Tidak masalah, suporter akan memberikan beban untuk kalian (Timnas Indonesia U-16)," jelasnya.

4 dari 5 halaman

Langsung Adu Penalti

Piala AFF U-16 2022 memiliki aturan menarik. Jika pertandingan berakhir imbang dalam waktu 90 menit, maka laga akan langsung dilanjutkan dengan babak adu tendangan penalti.

Hal itu tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para kontestan. Mereka harus menyiapkan para algojo di adu penalti sejak sesi latihan.

Timnas Indonesia U-16 sebenarnya punya beberapa pengalaman menarik ketika adu tendangan penalti. Saat Garuda Asia menjadi juara Piala AFF U-16 2018, laga juga diselesaikan dengan adu tendangan penalti.

Pun demikian ketika edisi Piala AFF U-15 2019 lalu. Garuda Asia asuhan Bima Sakti mengalahkan Vietnam lewat adu penalti di perebutan peringkat ketiga.

5 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan

Semifinal 1

  • 10 Agustus 2022
  • Thailand vs Vietnam
  • Pukul 15.30 WIB
  • Stadion Maguwoharjo

Semifinal 2

  • 10 Agustus 2022
  • Timnas Indonesia vs Myanmar
  • Pukul 20.00 WIB
  • Stadion Maguwoharjo

Video Populer

Foto Populer