Sukses


BRI Liga 1: Pelatih Persebaya Apresiasi Bonek Bersihkan Stadion Lawan, Mengaku Siap Hadapi Tekanan

Bola.com, Surabaya - Aksi suporter Persebaya Surabaya, Bonek, membersihkan stadion tim lawan sempat menuai pujian. Momen itu sudah terjadi lebih dua pekan lalu, saat Persebaya melawat ke markas Persikabo 1973 di Stadion Pakansari, Bogor (25/8/2022).

Padahal, Persebaya Surabaya sebenarnya menelan kekalahan 0-1 dalam laga pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023. Tapi, mereka rupanya tetap mau menjaga kebersihan dengan status sebagai suporter tim tamu.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, mengaku kagum dengan kegiatan positif yang telah dilakukan oleh Bonek itu.

“Saya sangat respek dan mengapresiasi suporter yang setiap pertandingan mau bersih-bersih. Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya. Mudah-mudahan ini jadi budaya, dan oke meskipun kalah,” ucap Aji Santoso.

2 dari 6 halaman

Tekanan untuk Berbenah

Di sisi lain, Bonek tetap memberi tekanan kepada tim Persebaya yang belum tampil konsisten. Lewat media sosial, mereka menuntut kepada anak asuh Aji Santoso untuk terus berbenah.

Persebaya sendiri baru mengemas tiga angka dari tiga laga, hasil satu menang dan dua kalah. Mereka sempat unggul 2-0 atas Persita Tangerang, tapi dua laga lain berakhir kekalahan dengan skor identik 0-1 masing-masing kontra Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC.

3 dari 6 halaman

Respons Persebaya

Aji Santoso sendiri rela menghadapi tekanan Bonek demi perbaikan tim. Namun, dia tetap menyampaikan pesan bahwa aksi itu harus dilakukan dengan cara positif. Selama ini pesan Aji itu dijalankan dengan baik.

“Saya tahu mereka kecewa datang jauh-jauh. Tapi kekecewaan itu tidak perlu diungkapkan dengan perusakan-perusakan fasilitas stadion, itu nanti akan negatif. Tidak apa-apa kalau memberi tekanan kepada pelatih dan tim ini supaya lebih bagus lagi, itu normal, tidak apa-apa,” ucap Aji.

“Saya memberikan suatu keleluasaan, menurut saya itu positif. Artinya, protes-protes positif. Kalau protes-protes negatif, artinya ada vandalisme dan perusakan barang yang menurut saya jangan sampai (terjadi),” imbuh pelatih asli Malang itu.

4 dari 6 halaman

Suporter Dewasa

Apa yang dilakukan oleh Bonek ini tentu saja menunjukkan perubahan positif. Mereka sempat identik dengan hal-hal negatif seperti perusakan. Namun, hal ini perlahan diubah dengan banyak kegiatan yang bermanfaat.

Aji Santoso juga berharap para pemainnya bisa merespons protes sekaligus mengapresiasi dukungan Bonek dengan memberikan kemenangan di pertandingan Liga 1.

“Sekarang, Bonek sudah dewasa. Ini harus ditingkatkan terus. Saya berterima kasih dukungannya. Sekarang bagaimana tim ini membalas dan memberikan yang terbaik kepada suporter, yaitu memberikan prestasi,” ujarnya.

5 dari 6 halaman

Aksi Positif Lain

Kegiatan positif Bonek sebenarnya tak hanya membersihkan stadion tim lawan. Selain itu, masih ada aksi kemanusiaan penggalangan dana korban bencana alam, hingga pendirian panti asuhan di Sidoarjo.

“Dan terpenting lagi, di setiap pertandingan pemain harus berjuang mengeluarkan kemampuan seratus persen, nanti suporter yang akan menilai,” imbuh arsitek tim berlisensi AFC Pro tersebut.

6 dari 6 halaman

Yuk Intip Posisi Persebaya Musim Ini

Video Populer

Foto Populer