Sukses


Soal Timnas Indonesia Tinggalkan AFF, Sekjen PSSI: Terus Kita Nonton Apa?

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi menegaskan bahwa PSSI akan tetap di bawah nauangan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (ASEAN).

Sebelumnya, Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa pihaknya telah memutuskan untuk tetap bertahan di AFF lewat berbagai pertimbangan. mengungkapkan bahwa Indonesia adalah bagian dari Asia Tenggara (ASEAN) sehingga PSSI mantap untuk berada dalam naungan AFF.

"PSSI tetap di AFF karena Indonesia adalah bagian dari ASEAN," ujar Iriawan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (6/8/2022).

Ketimbang cabut dari AFF, Iriawan punya pemikiran lain. Pria yang karib dipanggil Iwan Bule itu meminta Timnas Indonesia semua kelompok umur untuk terus berkembang supaya dapat merajai ASEAN.

2 dari 5 halaman

Mau Nonton Apa?

Kembali ke Yunus Nusi, dirinya menjelaskan alasan utama di balik keputusan PSSI tetap di bawah naungan AFF.

"Kalau PSSI keluar dari AFF, lalu apa yang akan ditonton oleh publik? Menunggu event AFC? Kan belum tentu sepadat di AFF."

"Lagian AFF juga menjadi ajang uji coba kita menuju event-event AFC," ujar Yunus, disadur dari laman PSSI, Selasa (9/8/2022) malam WIB.

3 dari 5 halaman

Keuntungan Jika Tetap di AFF

AFF memang punya banyak ajang yang bisa diikuti Timnas Indonesia, baik senior maupun kelompok umur.

Piala AFF untuk timnas senior biasanya digelar dua tahun sekali. Untuk U-16, U-19, U-15 women, dan U-18 women, dihelat setahun sekali.

Sementara itu, event AFC untuk timnas senior berlangsung empat tahun sekali. Untuk U-17, U-20, U-23, U-16 women, dan U-19 women-nya digelar dua tahun sekali.

"Jadi PSSI tetap berada di naungan AFF. Sudah sewajarnya jika anggota ASEAN itu solid di semua bidang, termasuk olahraga," kata Yunus.

4 dari 5 halaman

Hormati Putusan AFF

Sebelumnya, sempat ramai ada desakan kepada PSSI untuk keluar dari AFF dan pindah ke Federasi Asia Timur (EAFF). Ini menyusul dugaan kecurangan dalam laga terakhir fase Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam dan Thailand yang membuat Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal.

Namun, setelah diinvestigasi, AFF memutuskan tidak ada pelanggaran fair play dalam laga tersebut. PSSI pun menerima putusan itu.

“Soal PSSI yang mempertanyakan laga antara Vietnam dan Thailand sudah dijawab AFF. Kami semua menerimanya dengan lapang dada. Jika memang tidak ditemukan kecurangan saat laga antara Thailand dan Filipina, kami juga menghargai keputusan AFF," tutur Yunus.

"Kami berterima kasih. Kami menghormati putusan itu. Fokus kami saat ini adalah memajukan sepak bola," imbuhnya.

5 dari 5 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022

  • 31 Juli 2022

Timnas Indonesia U-16 2-0 Filipina

  • 3 Agustus 2022

Singapura 0-9 Timnas Indonesia U-16

  • 6 Agustus 2022

Timnas Indonesia U-16 2-1 Vietnam

  • 9 Agustus 2022

Timnas Indonesia U-16 Vs Myanmar

Video Populer

Foto Populer