Sukses


BRI Liga 1: PSS Tanggapi Ketertarikan Klub Yunani Kepada Hokky Caraka

Bola.com, Sleman - Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, terus mengikuti perkembangan mantan anak asuhnya, salah satunya Hokky Caraka yang kini membela PSS Sleman di BRI Liga 1 2022/2023.

Di BRI Liga 1 musim ini, Hokky belum mendapat kesempatan bermain dari pelatih kepala PSS, Seto Nurdiyantoro. Dia masih cukup kesulitan bersaing dengan pemain yang lebih senior dan juga pemain asing.

Dennis Wise siap membantu mencarikan klub untuk Hokky demi membuka jalannya berkarier di luar negeri. Kabarnya, ada klub Liga Yunani yang tertarik untuk merekrut Hokky. Namun, Hokky belum bisa bergabung karena masih terikat kontrak dengan PSS Sleman.

2 dari 7 halaman

Komitmen PSS

Menanggapi hal tersebut, direktur utama PT Putra Sleman Sembada (PT PSS), Andywardhana memberikan beberapa pernyataan. Ia merasa peluang Hokky menembus tim utama PSS sangat terbuka. Namun, Hokky harus bekerja keras dan terus menjalankan disiplin latihan.

“Untuk peluang Hokky menembus tim utama tentu pasti ada. Terlebih dengan kerja keras dia di latihan maupun saat di luar latihan. Kalau dia terus membuktikan dia layak, peluang tersebut pasti akan ada,” ujar Andy.

Pria berkacamata ini juga menjelaskan komitmen PSS dalam menjaga perkembangan Hokky Caraka dalam menjalani karir sepak bola profesional. Andy menjelaskan bahwa baik PSS dan Hokky memiliki komitmen yang sama, yakni kedua belah pihak saling memberikan hal positif.

“Kami dari PSS sendiri tentu selalu menjaga perkembangan Hokky terlebih dia juga salah satu aset timnas. Perkembangannya kami jaga dengan latihan harian tentu saja dan kita juga bisa lihat Hokky di luar latihan juga sering melakukan gym. Hokky sendiri juga mengerti dan paham bahwa dia harus terus menjaga performanya dan kami apresiasi hal itu,” lanjutnya.

3 dari 7 halaman

Wajar Ada Ketertarikan

Terkait berita tentang klub Liga Yunani yang siap merekrut Hokky Caraka, menurut Andy hal tersebut lumrah di sepak bola profesional. Secara jelas dirinya menyebutkan, pihak PSS siap melepas Hokky namun perlu verifikasi mengenai klub yang akan merekrut itu seperti apa.

“Seperti yang kita tahu banyak kejadian hanya direkrut atau hanya ditaruh di klub di luar negeri padahal tidak dimainkan. Malah nanti bakatnya terbuang percuma di sana. Ini yang perlu kami perhatikan karena terlebih Hokky adalah pemain muda asli akademi PSS,” tegas Andywardhana.

Andy juga tidak mau membahas mengenai mekanisme transfer apabila pemain bernomor punggung 45 itu benar-benar direkrut oleh klub dari Liga Yunani tersebut.

“Mengenai hal tersebut, saya belum bisa menjawab karena dari mereka belum ada pembicaraan ke PSS. Kami sangat menghargai sikap dan respon dari Hokky menolak hal itu karena masih terikat kontrak dengan PSS,” ujarnya.

“Itu yang kami apresiasi dan bagaimana mungkin kami bisa membicarakan nominal seperti itu jika dari mereka tidak ada pembicaraan langsung ke kami sebagai klub yang memiliki kontrak Hokky,” tandasnya.

4 dari 7 halaman

Respons Seto

Dihubungi secara terpisah, Seto Nurdiyantoro memberikan penilaian tentang pemain mudanya kelahiran Ponjong, Gunung Kidul, 19 tahun yang lalu ini.

“Hokky Caraka pemain muda yang berpotensi, tapi perlu waktu dan proses. Harapan saya, dia terus berusaha dan belajar di PSS. Disini dia bisa banyak belajar dari para seniornya mengenai dan bagaimana bermain sepakbola,” ujarnya usai memimpin latihan tim PSS di lapangan Pakembinangun, Sleman, Selasa (9/8/2022) sore.

Jangan cepat puas dengan pencapaian yang ada menjadi wejangan coach Seto kepada Hokky agar terus meningkatkan kemampuan dan pengalaman di sepak bola profesional.

“Secara postur Hokky bagus, memiliki pengalaman di timnas. Namun bermain di level kompetisi Liga 1 tentu memiliki tantangan yang berbeda. Suatu saat pasti ada kesempatan, kuncinya dia serius menjalani,” tutur pelatih pemegang lisensi AFC Pro ini.

 

5 dari 7 halaman

Pesan Seto

Bermain reguler tentu saja menjadi keinginan setiap pemain PSS di level first team. Mengetahui hal tersebut, coach Seto secara lugas memberikan pesan kepada Hokky untuk terus meningkatkan kualitas dalam latihan reguler sehingga persaingan antar pemain pun menjadi kebiasaannya.

“Keberlangsungan dalam latihan dengan peningkatan kualitas yang pasti itu berpengaruh pada semua pemain, tidak hanya Hokky saja. Di usianya yang muda, Hokky memiliki waktu yang panjang namun jangan terlena dengan hal tersebut,” ungkapnya.

 

6 dari 7 halaman

Semoga Jadi Pilihan Terbaik

Dari aspek teknis, pelatih kelahiran Kalasan, Sleman ini juga menyebutkan poin-poin di mana hal tersebut harus ditingkatkan oleh Hokky untuk menunjang karirnya di sepak bola profesional.

“Dia harus lebih meningkatkan daya agresivitasnya, apalagi naluri golnya cukup bagus. Screening ball-nya pun harus terus diperbaiki,” imbuhnya.

Kabar yang beredar mengenai ketertarikan klub Liga Yunani merekrut Hokky, coach Seto memberikan jawaban yang lugas, yaitu tidak ingin menghalanginya bermain di luar PSS tentu saja berdampak positif kepadanya.

“Saya bersyukur dengan hal ini. Hokky ingin meningkatkan kualitas dengan bermain di liga luar negeri bagi saya itu hal bagus bagi dirinya. Apapun itu pilihannya semoga menjadi yang terbaik bagi dirinya,” tandasnya.

7 dari 7 halaman

Posisi PSS Saat Ini

Video Populer

Foto Populer