Sukses


Hasil BRI Liga 1: Penuh Kontroversi! Persib Tundukkan PSIS dengan Skor Tipis

Bola.com, Bandung - Persib Bandung sukses bangkit dengan memetik kemenangan di pekan keempat BRI Liga 1 2022/2023. Mereka menang tipis 2-1 atas PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Sabtu (13/8/2022).

Ini merupakan kemenangan pertama Persib Bandung di Liga 1 musim ini. Namun, pertandingan ini sarat dengan keputusan kontroversi wasit.

Mulai dari mengesahkan gol penalti Persib yang seharusnya ilegal, hingga menganulir gol PSIS yang sempat disahkan lewat cara yang tak mudah.

PSIS justru mengawali pertandingan ini dengan lebih menekan lini belakang Persib Bandung. Kedua tim kemudian berusaha untuk memberi ancaman, namun tak ada peluang berbahaya sampai 20 menit pertama.

2 dari 7 halaman

Penalti Diulang

Memasuki menit ke-22, Persib mendapatkan hadiah penalti lantaran pemain PSIS melakukan handsball. David da Silva lantas menjadi eksekutornya, namun sepakannya bisa ditepis oleh kiper Wahyu Tri Nugroho.

Namun, wasit mengulang tendangan penalti itu karena Wahyu kedapatan melakukan tindakan ilegal bergerak maju lebih dulu. Penalti ini memang perlu diulang, sesuai Law of the Game, lantaran tendangan tidak berbuah gol.

Situasi ini sempat memunculkan protes keras dari para pemain. Tapi, keputusan wasit Totok Fitrianto tidak berubah dengan tetap memberi kesempatan kepada Persib untuk melakukan tendangan penalti lagi.

3 dari 7 halaman

Dibalas Aksi Marukawa

David kembali jadi eksekutornya dan kali ini sukses memperdaya Wahyu di menit ke-25. Wasit mengesahkan gol ini. Padahal, gelandang Persib, Marc Klok terlihat masuk ke kotak penalti dulu sebelum rekannya melepas tembakan.

PSIS tidak butuh waktu lama untuk membalas gol tersebut. Adalah winger Taisei Marukawa yang  pada menit 30, terlepas dari penjagaan barisan pertahanan Persib dan sukses melesakkan bola ke gawang I Made Wirawan.

Skor imbang 1-1 membuat pertandingan berjalan semakin sengit. Namun, tak ada gol lagi yang tercipta sampai waktu turun minum.

4 dari 7 halaman

Babak II

PSIS tetap mengawali babak kedua dengan bermain lebih agresif. Memasuki menit ke-50, peluang emas muncul setelah Wawan Febrianto mengumpan pada Taisei Marukawa. Namun, sepakannya bisa diblok Made Wirawan.

Persib sempat membalas lewat dua dua tembakan dari Daisuke Sato (53’) dan Marc Klok (58’). Sayang, semuanya tidak berbuah gol lantaran sepakan mereka tidak mengarah ke gawang PSIS.

Maung Bandung akhirnya kembali unggul di menit ke-65. Itu berkat aksi individu David da Silva yang mendribel bola hingga kotak penalti. Saat pemain lawan kalang kabut, David melepas tembakan dan kembali menjebol gawang PSIS.

5 dari 7 halaman

Gol Deangga Dianulir

Di menit ke-88, kontroversi kembali tercipta. Itu lantaran Alfeandra Dewangga melakukan lemparan ke dalam dan langsung masuk ke gawang Persib. Wasit sempat memberi gol untuk PSIS sehingga skor menjadi 2-2.

Para pemain Persib pun melakukan protes lantaran bola tidak mengenai pemain sehingga itu seharusnya tidak sah. Tayangan ulang pun memperlihatkan bola melewati sela kaki kiper I Made Wirawan.

Tak berselang lama, wasit Totok menganulir gol itu. Dia melakukan diskusi dengan asisten wasit dan lantas merevisi keputusannya. Kini giliran pemain PSIS yang melakukan protes, tapi skor kembali jadi 2-1 untuk Persib.

Wasit pun meniup peluit panjang untuk kemenangan Persib yang kini mengemas empat poin dari empat laga. Sedangkan PSIS mendapat kekalahan kedua dan kini juga mengoleksi jumlah poin yang sama dengan Persib.

6 dari 7 halaman

Daftar Susunan Pemain

Persib (4-3-3): I Made Wirawan (kiper); Kakang Rudianto, Achmad Jufriyanto, Nick Kuipers, Daisuke Sato (belakang); Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya (tengah); Frets Butuan, David da Silva, Ciro Alves (depan)

Pelatih: Budiman Yunus

PSIS (4-3-3): Wahyu Tri Nugroho (kiper); Syiha Buddin, Alie Sesay, Wahyu Prasetyo, Frendi Saputra (belakang); Alfeandra Dewangga, Delfin Rumbino, Jonathan Cantillana (tengah); Wawan Febrianto, Andreas Ado, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Sergio Alexandre

7 dari 7 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu Saat ini

Video Populer

Foto Populer