Sukses


Head to Head Pelatih PSS Vs Persebaya di BRI Liga 1: Ketika Seto Nurdiantoro dan Aji Santoso Saling Memuji

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, menyanjung arsitek PSS Sleman, Seto Nurdiantoro. Aji menyebut Seto sebagai sosok pelatih muda yang berkualitas selama menangani Super Elang Jawa.

Kedua tim kini bakal bersua dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (27/8/2022) malam. Pertemuan ini juga bakal jadi reuni dua pelatih yang merupakan rekan lama.

"Saya melihat PSS Sleman di tangan Coach Seto punya perkembangan cukup bagus, pemainnya juga bagus. Coach Seto dulu pernah main bersama saya di tim nasional, walaupun saya lebih dulu,” kata Aji Santoso.

Momen di Timnas Indonesia yang dimaksud Aji Santoso itu terjadi pada 2000-2001, saat Seto Nurdiantoro juga menjadi pemain Garuda. Keduanya bahkan masuk skuat Piala Asia 2000 dan Aji menjadi kaptennya.

 

2 dari 5 halaman

Sama-sama Kantongi Lisensi Kepelatihan yang Sama

Secara usia, Aji Santoso yang telah berumur 52 tahun tentu lebih senior dari Seto yang 48 tahun. Sehingga untuk karier sebagai pemain, tentu Aji lebih senior. 

Tapi, urusan kepelatihan Seto pun tidak kalah. Keduanya sama-sama sudah mengantongi lisensi kepalatihan AFC Pro. Aji menyebutkan bahwa dia kerap berdiskusi dengan Seto pada momen tersebut.

“Saya juga satu grup dengan Coach Seto ketika mengambil (lisensi kepelatihan) AFC Pro," kenang Aji.

"Saya tahu kualitas Coach Seto, pelatih muda yang cukup berkualitas, pengetahuan sepak bolanya sangat baik. Itu penglihatan saya tentang Coach Seto,” imbuhnya.

 

3 dari 5 halaman

Kemiripan Rekam Jejak

Menariknya, rekam jejak dua sosok ini memiliki kemiripan. Baik Aji Santoso maupun Seto Nurdiantoro sama-sama pernah menjadi pemain dan pelatih untuk dua klub yang punya rivalitas.

Aji Santoso merupakan pria asli Malang yang mengawali kariernya bersama Arema lantas malah melegenda bersama Persebaya sebagai kapten. Dia pun tercatat pernah menangani kedua tim itu sebagai pelatih kepala.

Sedangkan Seto yang asli Sleman mengawali kariernya sebagai pemain PSS Sleman dan pensiun bersama PSIM Yogyakarta. Dia juga pernah menjadi pelatih dua klub yang berada di Provinsi DIY tersebut.

 

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Karier Seto di PSS

Karier Seto bersama PSS Sleman sendiri terbilang cukup apik dengan dua kali mengantarkan klub tersebut promosi ke kasta tertinggi.

Dia pernah membawa Super Elang Jawa menjuarai Divisi I 2000 sebagai pemain. Seto lantas membawa PSS menjadi kampiun Liga 2 2018 sebagai pelatih.

5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi Persebaya Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer