Sukses


Tak Ada Sponsor, Alasan PSSI Batal Gelar Piala Indonesia

Bola.com, Jakarta - PSSI memutuskan untuk tidak menggelar Piala Indonesia 2022/2023. Penyebabnya karena faktor kesulitan mencari sponsor.

Piala Indonesia belum lagi bergulir sejak 2019. Ketika itu, PSM Makassar menjadi tim terakhir yang menjadi juara pada turnamen tersebut.

PSSI rencananya ingin menggulirkan kembali Piala Indonesia. Awalnya turnamen akan berlangsung pada Agustus 2022 sampai Maret 2023. Namun, rencana tersebut akhirnya dibatalkan.

"Kelihatannya, kemungkinan besar tidak digulirkan. Waktu dan padatnya jadwal. Terpenting karena sponsor. Sponsor mungkin situasi baru selesai COVID-19," kata Mochamad Iriawan.

2 dari 4 halaman

Mungkin Tahun Depan

Mochamad Iriawan juga tak menutup kemungkinan untuk menggelar Piala Indonesia tahun depan. Namun, sejauh ini semuanya masih sebatas rencana dari PSSI.

"Mungkin tahun depan, Insyaallah. Tahun ini kemungkinan besar tidak digelar," tegas Iriawan.

PSM menjadi juara Piala Indonesia 2018-2019 setelah mengalahkan Persija Jakarta di final. Ketika itu, PSM menang dengan agregat 2-1.

3 dari 4 halaman

Tak Konsisten

Penyelenggaraan Piala Indonesia memang sejauh ini tak konsisten. PSSI tak mampu menggelar turnamen yang diikuti klub Liga 1, 2, dan 3 itu setiap tahun.

Dalam 10 tahun terakhir sejak 2012, PSSI tercatat hanya mampu menggelar dua edisi Piala Indonesia. Yakni pada 2012 dan 2018-2019.

Adapun secara keseluruhan, Piala Indonesia baru bergulir sebanyak tujuh kali. Sriwijaya FC menjadi tim paling sukses di Piala Indonesia dengan raihan tiga gelar.

4 dari 4 halaman

Simak Posisi Tim Kesayangan Anda

Video Populer

Foto Populer