Sukses


Ilija Spasojevic, Konsisten Jadi Striker Paling Subur di Era Liga 1

Bola.com, Denpasar - Striker Bali United, Ilija Spasojevic, masih punya ambisi untuk terus menjadi striker tersubur di era Liga 1. Musim ini dengan titel BRI Liga 1, Spaso belum berhenti mencetak gol.

Saat timnya menghadapi Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada pekan keenam BRI Liga 1 2022/2023, Ilija Spasojevic berhasil mencetak gol kedua untuk Bali United dan menjadi gol ketiganya musim ini.

Pada yang bersamaan, Spaso juga menasbihkan diri sebagai top scorer sepanjang masa di era Liga 1 dengan torehan 63 gol. Satu gol lebih banyak daripada penyerang Madura United Alberto “Beto” Goncalves dengan raihan 62 gol.

Saat menghadapi Persik Kediri di pekan ketujuh di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Ilija Spasojevic kembali mencetak satu gol. Sekarang, total sudah 64 gol dilesakkannya dan sudah empat gol yang dibukukannya musim ini.

2 dari 6 halaman

Konsisten

Bisa dikatakan penampilan Spaso sejak Liga 1 2017 ketika masih bersama Bhayangkara FC tidak buruk. Tiap musim, dia konsisten mencetak gol. Yang paling membuat dia bangga tentu saja torehan gelar top scorer di BRI Liga 1 2021/2022.

Dia berhasil membukukan 23 gol dan empat assist. Sebenarnya melihat kondisi ini, raihan golnya selama era Liga 1 juga terbantu dengan pesaing-pesaingnya.

Beto tidak begitu konsisten. Sama juga dengan Marko Simic yang sudah mencetak 62 gol. Musim lalu, dia jarang mendapat menit bermain dan akhirnya didepak dari Persija Jakarta.

Spaso juga perlu konsistensi untuk bisa mempertahankan capaian golnya tersebut karena Beto masih bisa menyalipnya di tikungan.

3 dari 6 halaman

Kuncinya, Kritikan

Lalu apa yang menjadi kunci Spaso mulai menunjukkan taringnya kembali bersama Bali United?

Jawabannya mungkin adalah kritikan. Sejak 2018, Spaso menjadi pemain yang paling banyak mendapatkan kritikan dari suporter dan media. Hal ini karena performa naik turunnya bersama Bali United.

“Dalam sejarah, saya adalah pemain yang paling banyak mendapatkan kritikan sejak saya datang tahun 2018. Jadi saya sudah tidak asing dengan kritikan dan saya tidak pernah protes. Saya menerima pujian yang diberikan, tetapi di satu sisi kritikan juga harus saya terima,” ungkapnya saat berhasil mencetak dua gol ke gawang Rans Nusantara FC.

4 dari 6 halaman

Kerja Keras

Spaso sudah terbiasa memakan kritikan yang ditujukan kepadanya. Termasuk dia juga sudah terbiasa dibanding-bandingkan dengan pemain lain. Dia sempat sering dibandingkan dengan Melvin Platje. Lalu sekarang Lerby Eliandry Pong Babu.

Bahkan banyak yang mendesak Manajemen Bali United untuk segera mencari penyerang baru ditengah mandulnya Spaso. Namun ayah tiga anak ini tetap santai dan terus berlatih. Dia tidak mau terlalu mendengarkan apa yang orang lain katakana kepadanya.

Selama ini, Spaso berlatih keras untuk bisa menunjukkan jika dia belum habis. Berat badan yang turun 6 kg menjadi salah satu buktinya. Dia disebut-sebut menjadi pemain yang paling bekerja keras dalam latihan. Saat pertandingan, dia juga bukan menjadi yang malas, tetapi mulai mau untuk turun membantu pertahanan Bali United.

5 dari 6 halaman

Dukungan Pelatih

Disamping itu yang paling penting adalah dukungan dari Pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco. Teco selalu menjadikan Spaso sebagai pilihan utama sebagai target man di tengah desakan untuk mencoba Lerby sebagai pilihan utama.

Pilihan Teco terbukti tepat dan Spaso sudah mencetak empat gol sejauh ini di BRI Liga 1 2022/2023.

“Biasanya banyak pelatih yang tidak percaya dengan penyerangnya karena lama tidak mencetak gol. Tapi sekarang saya berterimakasih kepada Coach Teco karena masih mempercayai saya,” beber Spaso.

6 dari 6 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer