Sukses


Asisten Shin Tae-yong: Beberapa Pemain Timnas Indonesia U-20 Tinggi Hati dan Turun Performa

Bola.com, Jakarta - Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 di Jakarta telah berakhir untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-20 tengah menggelar training center di Jakarta pada 25 Agustus-6 September 2022.

Tim berjuluk Garuda Nusantara itu juga melahap dua uji coba sebagai persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20.

Timnas Indonesia U-20 akan berangkat ke Surabaya pada Rabu (7/9/2022) untuk bertanding di Kualifikasi Piala Asia U-20.

"Pemusatan latihan di Jakarta akhirnya selesai dalam rangkaian persiapan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia U-20, Nova Arianto di akun Instagramnya, @novarianto30, Selasa (6/9/2022).

"Selanjutnya, Timnas Indonesia U-20 akan memfokuskan persiapan di Surabaya," jelas Nova Arianto.

2 dari 5 halaman

Turun Performa

Nova Arianto melihat bahwa pasca-Piala AFF U-19 2022, sejumlah pemain menjadi besar kepala dan mengalami penurunan penampilan.

"Tim kepelatihan fokus menyoroti beberapa pemain yang mulai tinggi hati," terang Nova Arianto.

"Lalu juga mengalami penurunan performa setelah Piala AFF U-19," tutur tangan kanan pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong itu.

3 dari 5 halaman

Imbauan

Nova Arianto memerintahkan para pemain untuk lebih berkonsentrasi di Timnas Indonesia U-20 mengingat perbedaan level ketika bermain di klub.

"Pemain harus lebih fokus karena bermain untuk timnas akan berbeda seperti pemain tampil di klub," papar Nova Arianto.

"Sebab, mereka tidak akan bermain untuk uanh tetapi untuk suatu kebanggaan negara. Jadi, pemain harus bekerja lebih keras dan memberikan kemampuan lebih 100 persen," ungkapnya.

 

4 dari 5 halaman

Kerja Keras

Nova Arianto juga berpesan kepada Ronaldo Kwateh dkk. untuk berlatih layaknya belum menjadi pemain Timnas Indonesia U-20 demi meminimalisasi besar kepala.

"Berlatih seperti kalian belum menjadi pemain profesional dan pemain timnas. Karena ketika pemain merasa puas, di situ awal kehancuran kalian," papar Nova Arianto.

 

5 dari 5 halaman

3 Pemain Tinggi Hati

Sebelumnya, Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong memberikan peringatan kepada tiga pemainnya dalam pemusatan latihan untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Tiga pemain Timnas Indonesia U-20 yang mendapatkan teguran dari Shin Tae-yong adalah Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka, dan Kakang Rudianto.

"Kakang dan Hokky, jangan tinggi hati," ujar Shin Tae-yong yang diterjemahkan oleh asistennya, Yo Jae-hoon dalam video yang diunggah YouTube PSSI TV.

"Ronaldo juga. Jangan tinggi hati. Sejak hari pertama sudah saya tegaskan, kalau di lapangan mesti kerja keras," imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer