Sukses


BRI Liga 1: Tim Wasit Laga Persib Vs Rans Dapat Sanksi Berat dari PSSI, Gara-gara Penalti dan Offside

Bola.com, Jakarta - Komite Wasit PSSI kembali merilis daftar pelanggaran dan sanksi terhadap pengadil lapangan pada laga BRI Liga 1 2022/2023. Sanksi berat diberikan kepada wasit yang memimpin laga Persib Bandung melawan RANS Nusantara FC (4/9/2022).

PSSI memberikan sanksi pembinaan terhadap wasit David Son Sansube, Ruslan Waly (hakim garis), dan Arif Nur Wahyudi (wasit di belakang gawang). Sanksi diberikan karena ketiganya dinilai tidak melakukan tugas sesuai dengan law of the game (LOTG).

Sanksi itu mengacu pada pemberian tendangan penalti terhadap Persib Bandung yang dieksekusi oleh Ciro Alves. Dalam analisis Komite Wasit PSSI, wasit, hakim garis, dan wasit di belakang gawang gagal menerapkan LOTG.

Keputusan pemberian penalti terhadap Persib Bandung dianggap tidak tepat. David Son Sansube dan Ruslan Waly mendapatkan sanksi pembinaan selama delapan pekan, sedangkan Arif Nur Wahyudi mendapatkan pembinaan selama empat pekan.

2 dari 5 halaman

Rincian Pelanggaran

Komite Wasit PSSI menjabarkan, wasit David Son Sansube lalai dalam menerapkan LOTG. Menurut Komite Wasit, Persib Bandung tidak layak mendapat penalti. Adapun hakim garis Ruslan Waly juga tak bekerja sesuai dengan LOTG.

Ruslan Waly seharusnya mengangkat bendera offside sebelum pemain Persib, David Da Silva, mencetak gol ke gawang RANS Nusantara karena terlebih dahulu sudah dalam posisi offside. Posisi asisten wasit juga tidak tepat.

Sementara itu, Arif Nur Wahyudi juga tidak melakukan tugasnya dengan maksimal. Pada saat wasit mengambil keputusan penalti dan yakin itu bukan suatu pelanggaran, semestinya memberikan masukan kepada wasit. Namun, dia tidak memberikan informasi yang sebenarnya.

3 dari 5 halaman

Sanksi Lainnya

Komite Wasit PSSI juga menjatuhkan sanksi terhadap tiga wasit lainnya. Mereka adalah Nendi Roehandi, Faulur Rosy, dan Dwi Susilo. Ketiganya sama-sama mendapatkan sanksi pembinaan selama delapan pekan.

Nendi Roehandi yang bertugas sebagai wasit di belakang gawang lalai dalam penetapan LOTG pada laga RANS Nusantara FC melawan Persija Jakarta. Itu mengacu pada RANS Nusantara FC yang mendapatkan pelanggaran setelah pemainnya dilanggar kiper Persija Jakarta.

Faulur Rosy yang bertugas sebagai wasit tidak menerapkan pasal 12. Faulur Rosy seharusnya memberikan kartu merah terhadap pemain RANS Nusantara FC yang sengaja menyikut pemain Persija.

Dwi Susilo juga dianggap lalai menerapkan pasal 12 ketika memimpin duel Persis Solo VS Madura United. Dwi Susilo seharusnya memberikan kaetu merah trhadap pemain Persis Solo yang melakukan tendangan kepada pemain Madura United.

4 dari 5 halaman

Jadwal Pertandingan Pekan Kesembilan

Kamis, 8 September 2022

  • Madura United Vs Bhayangkara FC

Jumat, 9 September 2022

  • PSIS Semarang Vs Persikabo 1973
  • Borneo FC Vs Persita Tangerang

Sabtu, 10 September 2022

  • Bali United Vs Dewa United
  • PSS Sleman Vs Persis Solo
  • RANS Nusantara FC Vs Persik Kediri
  • PSM Makassar Vs Persebaya Surabaya

Minggu, 11 September 2022

  • Arema FC Vs Persib Bandung
  • Barito Putera Vs Persija Jakarta
5 dari 5 halaman

Simak Posisi Tim Favorit Kalian di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer