Sukses


Prediksi Pertandingan BRI Liga 1, PSM vs Persebaya: Tuan Rumah Bawa Modal Bagus

Bola.com, Jakarta - Duel panas bakal menghiasi pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/2023. PSM Makassar dijadwalkan menjamu Persebaya Surabaya di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sabtu (10/09/2022) malam.

PSM punya modal gemilang untuk memenangi laga ini. PSMĀ tercatat sebagai satu-satunya tim BRI Liga 1 musim yang masih belum terkalahkan. Juku Eja juga tercatat jadi tim yang baru kebobolan 4 gol, paling sedikit di Liga 1 sejauh ini.

PSM kini sedang menduduki peringkat keempat klasemen sementara dengan 17 poin dan baru melakoni tujuh pertandingan. Mereka telah membukukan lima kemenangan dan dua seri, serta mencetak 13 gol.

Kendati demikian, pelatih PSM, Bernardo Tavares, menilai bahwa Persebaya merupakan tim yang bagus. Materi pemain Bajul dianggap bakal berpotensi menyulitkan timnya untuk mengamankan poin penuh dalam pertandingan ini.

"Persebaya sendiri tim hebat, punya pemain bagus, pemain Timnas (Indonesia) mereka punya, juga pemain lokal dan pemain asing mereka bagus. Mereka siap bermain menyerang, ini pertandingan yang seru ditonton,ā€ kata Bernardo Tavares.

"Di pertandingan ini akan melawan tim tangguh, kami membutuhkan suporter kita. Datanglah mendukung kami, penuhi stadion. Mudah-mudahan kami bisa memenangkan pertandingan,ā€ imbuh pelatih asal Portugal itu.

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

2 dari 7 halaman

Persebaya Labil

Faktanya, Persebaya sendiri masih tampil labil di Liga 1. Bajul Ijo sedang berusaha bangkit setelah dipecundangi Bali United dengan skor 0-1 dalam pekan kedelapan lalu.

Di laga tersebut,Ā PersebayaĀ mampu unggul penguasaan bola, bahkan melepaskan 17 tembakan, lebih baik dari tim lawan yang hanya 12 tembakan. Bajul Ijo bahkan membukukan lima tembakan tepat sasaran, tapi tak ada yang berbuah gol.

Hasil ini jadi kekalahan pertamaĀ PersebayaĀ musim ini dan gagal meneruskan tren kemenangan. Sebelumnya, mereka meraih tiga poin dalam dua laga beruntun dengan skor identik 1-0 atas PSIS Semarang dan PSS Sleman.

PersebayaĀ kini baru mengemas 10 poin dari delapan pertandingan, hasil dari tiga menang, satu seri, dan empat kalah. Mereka menduduki posisi kesembilan klasemen sementara.

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

3 dari 7 halaman

Tidak Gentar Hadapi Persebaya

Sedangkan Bernardo Tavares sendiri tercatat sebagai pelatih yang baru mengawali karier di Indonesia mulai musim ini. Dia tentu masih belum memahami sepenuhnya peta kekuatan tim-tim Liga 1

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memotivasi anak asuhnya untuk tetap berjuang mencuri poin dalam laga ini. Dia tidak gentar menghadapi kekuatan PSM yang kini menduduki papan atas, tepatnya peringkat keempat klasemen sementara.

"Semua sudah tahu, PSM tim kuat apalagi di kandang. Mereka juga tim dengan kebobolan paling sedikit. Tapi kami tidak boleh takut, tidak boleh kalah sebelum bertanding,ā€ kata Aji Santoso.

"Maka dari itu, fighting spirit kami tidak boleh kalah. Harus berjuang untuk tiga poin sampai peluit panjang dibunyikan,ā€ imbuh pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Ā 

Ā 

Ā 

4 dari 7 halaman

PSM Tanpa Pluim

Di sisi lain,Ā Persebaya mendapat keuntungan lantaran PSM bakal tampil tanpa gelandang Wiljan Pluim. Pemain asal Belanda itu mendapat kartu merah pada pekan lalu melawan Persik Kediri (2/9/2022).

Persebaya harus bisa memanfaatkan situasi yang didapatnya ini. Tanpa Pluim, kekuatanĀ PSMĀ tentu tereduksi mengingat gelandang berusia 33 tahun itu adalah kunci permainan tim sejak bergabung 2016 lalu.

ā€œKalau saya lihat, jujur, mudah-mudahan kami bisa memanfaatkan dengan tidak adanya Pluim. Karena memang jantung dariĀ PSMĀ itu Pluim,ā€ kata Aji Santoso.

ā€œMeskipun saya lihat ada beberapa pemain yang memiliki kecepatan dan kualitas, tetapi jenderal lapangannya Pluim mudah-mudahan kami bisa memanfaatkan peluang ini,ā€ imbuh pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

5 dari 7 halaman

Aji Santoso Putar Otak

Di sisi lain, gelandang asing Higor Vidal juga masih belum diturunkan lantaran cedera masih membutuhkan perawatan. Tak ada gelandang serang dengan kemampuan sepadan yang tersisa.

AjiĀ Santoso harus memutar otak demi menutup lubang di lini tengah yang ditinggal Marselino dan Vidal.

PersebayaĀ sebenarnya memiliki beberapa opsi untuk mengisi posisi itu. Brayen Pondaag misalnya, tapi dia belum berpengalaman.

Kapten Alwi Slamat juga bisa dimainkan di gelandang serang, namun posisi naturalnya di gelandang tengah.

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

6 dari 7 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

PSM (4-3-3): Reza Arya Pratama (kiper); Yance Sayuri, Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Akbar Tanjung (belakang); Kenzo Nambu, Rasyid Bakri, Bryan Cesar (tengah); Yakob Sayuri, Everton Nascimento, Rizky Eka Pratama (depan).

Pelatih: Bernardo Tavares

Persebaya (4-3-3): Satria Tama (kiper); Koko Ari Araya, Leo Lelis, Rizky Ridho, Alta Ballah (belakang); Andre Oktaviansyah, Muhammad Hidayat, Alwi Slamat (tengah); Mochammad Supriadi, Silvio Junior, Sho Yamamoto (depan).

Pelatih: Aji Santoso.

7 dari 7 halaman

Di Mana Posisi Persib dan PSM Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer