Sukses


BRI Liga 1: Banyak Lakukan Perubahan di Markas PSS, Begini Alasan Pelatih Interim Persis

Bola.com, Solo - Persis Solo menelan kekalahan 1-2 saat bertandang ke markas PSS Sleman dalam laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2022/2023, Sabtu (10/9/2022) malam WIB.

Tiga gol di laga itu seluruhnya tercipta di babak kedua. PSS unggul lebih dulu berkat gol bunuh diri bek tengah Persis Solo, Fabiano Beltrame di menit ke-57.

PSS Sleman menggandakan keunggulan di menit ke-68 lewat gol dari Irkham Zahrul Mila. Samsul Arif membuat gol hiburan untuk Persis di menit ketiga injury time babak kedua.

Di laga itu, Persis Solo melakukan beberapa perubahan. Satu yang paling terlihat adalah penampilan Alfath Fathier di posisi winger kanan. Perubahan itu dijelaskan oleh pelatih interim tim berjulukan Laskar Sambernyawa, Rasiman.

"Simpel karena di sesi latihan, Alfath bermain bagus. Di beberapa laga uji coba juga bagus, ya dia harus dimainkan," jelas Rasiman.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Ryo Matsumura Sakit

Posisi winger kanan Persis Solo biasanya diisi oleh winger asal Brasil, Ryo Matsumura. Namun, rupanya Matsumura tidak dalam kondisi fit 100 persen.

Rasiman menyebut pemain asal Jepang itu sempat mengalami diare dua hari sebelum pertandingan melawan PSS Sleman. Hal itu yang membuat Matsumura baru diturunkan ketika laga sudah berjalan 73 menit.

"Matsumura H-2 sempat mengalami diare jadi dia tidak dalam performa maksimal. Dia hanya bisa bermain sekitar 20 menit," kata Rasiman.

Penampilan Ryo Matsumura di Persis Solo pada musim ini bisa dikatakan belum terlalu spesial. Eks pemain BG Pathum United itu sudah bermain enam kali di BRI Liga 1 2022/2023 tapi belum bisa mencetak satu gol ataupun assist.

3 dari 5 halaman

Rodriguez Tak Maksimal

Di laga melawan PSS Sleman, Persis harus kehilangan empat pemain. Kanu Helmiawan dan Jaimerson Xavier mengalami cedera.

Kemudian Andri Ibo mendapatkan akumulasi kartu kuning. Sementara Zanadin Fariz mendapatkan tugas membela Timnas Indonesia U-20.

Namun, di laga ini Persis bisa kembali diperkuat penyerang asing mereka, Fernando Rodriguez yang baru keluar dari hukuman akumulasi kartu. Meski demikian, Rasiman merasa Rodriguez masih belum tampil dengan maksimal.

"Kami sebenarnya bermain dengan memanfaatkan tipikal striker seperti dia (Rodriguez) dengan memperbanyak bola crossing, tapi di laga melawan PSS dia tidak dapat sentuhan terbaiknya," tandas Rasiman.

4 dari 5 halaman

Kiprah Persis Solo

Persis Solo masih terpaku di papan bawah dan dalam ancaman zona degradasi. Tim kebanggaan Pasoepati itu untuk sementara berada di posisi ke-15 dengan nilai tujuh dari sembilan laga.

Posisi Persis rawan dikejar tim-tim di bawahnya seperti RANS Nusantara atau bahkan Barito Putera yang masih menyisakan satu pertandingan lebih sedikit.

Selanjutnya Persis akan melakoni laga super berat, yakni menjamu Bali United di Stadion Manahan, Kamis (15/9/2022). Bali United sedang on fire setelah membantai Dewa United setengah lusin gol.

5 dari 5 halaman

Lihat Persaingan Tim Favoritmu Saat Ini

Video Populer

Foto Populer