Sukses


Borussia Dortmund Sebenarnya Ingin Lawan Persija karena Faktor Thomas Doll saat Tur ke Indonesia

Bola.com, Jakarta - Borussia Dortmund sebenarnya ingin menghadapi Persija Jakarta saat menjalani tur ke Indonesia, sebelum akhirnya memutuskan untuk melawan Persib Bandung dan Persebaya Surabaya.

Niatan Dortmund untuk menantang Persija Jakarta karena faktor Thomas Doll sebagai pelatih Tim Macan Kemayoran yang juga pernah memoles The Black and Yellows.

Arsitek berusia 56 tahun itu sempat setahun menangani Borussia Dortmund pada 2007-2008 eranya Mladen Petric, Dede, hingga Christian Worns.

Thomas Doll pula yang menakhodai Borussia Dortmund ketika The Black and Yellows mengalahkan Timnas Indonesia dalam laga uji coba di Indonesia pada 2007.

2 dari 6 halaman

Penjelasan Dortmund Tidak Jadi Lawan Persija

Promotor Borussia Dortmund ke Indonesia, Ninesport, mengungkapkan The Black and Yellows tertarik untuk berlatih tanding dengan Persija Jakarta. Namun, gagal terwujud karena penyebab yang dirahasiakan.

"Kami juga sempat berkomunikasi dengan Persija. Pastinya Dortmund juga ingin melawan Persija karena ada Thomas Doll di situ," ujar CEO Ninesport, Arif Putra Wicaksono, di Maikeru Japanese Dining, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

"Cuma karena ada satu dan lain hal, akhirnya kami membawa Dortmund ke Persib dan Persebaya," katanya menambahkan.

3 dari 6 halaman

Sistem Trofeo

Borussia Dortmund akan bertanding dalam format trofeo pada lawatannya ke Indonesia dengan melawan Persib dan Persebaya. Sebab, The Black and Yellows hanya bisa bertanding sekali.

"Saya melihatnya tetap bagus karena konsep trofeo. Dortmund cuma punya kesempatan sekali bermain di Indonesia," ucap Arif.

"Tentu dua klub Indonesia akan mendapatkan pengalaman. Fans-fansnya juga bisa merasakan menonton timnya melawan klub Eropa," tambahnya.

4 dari 6 halaman

Di Tengah Piala Dunia

Borussia Dortmund memilih untuk beruji coba di Indonesia, Singapura, dan Vietnam di tengah-tengah Piala Dunia 2022 Qatar.

The Black and Yellows akan membawa para pemain yang tidak bertanding di Piala Dunia 2022, dan berlatih tanding dengan tim lokal pada tiga negara itu.

Namun, Borussia Dortmund belum dapat memastikan tanggal dan venue pasti uji coba menghadapi Persib dan Persebaya di Indonesia.

5 dari 6 halaman

Pernyataan Dortmund

Sebelumnya, Managing Director Dortmund, Carsten Camer, Direktur Olahraga Dortmund, Sebastian Kehl, dan pelatih Dortmund, Edin Terzic telah memberikan pernyataan terkait rencana tur ke Asia Tenggara.

"Merupakan suatu kebanggaan bagi kami akhirnya dapat mengunjungi banyak penggemar dan mitra kami di Asia Tenggara sekali lagi. Kami merasa sangat diterima di wilayah ini selama bertahun-tahun dan tidak sabar untuk secara pribadi berterima kasih kepada orang-orang atas semangat mereka, tetapi juga atas kesabaran mereka," tulis Carsten Camer, disadur dari laman klub.

"Penting juga bagi kami untuk menggunakan ini sebaik mungkin untuk para pemain yang tidak ambil bagian di Piala Dunia. Itu juga termasuk pemain dari U-23 dan U-19 kami, yang ingin kami perkenalkan ke skuad senior di level tinggi," papar Sebastian Kehl.

"Ketika ada jadwal pertandingan yang ketat, biasanya hampir tidak ada waktu dalam perjalanan ke luar negeri untuk berhubungan dengan negara dan rakyatnya. Ini berbeda dalam kasus luar biasa ini, dan di samping beberapa olahraga yang menarik. pertandingan, saya menantikan untuk bertemu sebanyak mungkin penggemar Hitam & Kuning dari negara-negara di Asia Tenggara dan merayakan semangat bersama kami," terang Edin Terzic.

Sumber: Bola.net

Disadur dari: Bola.net (Fitri Apriani/Serafin Unus Pasi tayang 13 September 2022)

6 dari 6 halaman

Posisi Persija, Persib, dan Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer