Sukses


Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Duo Persebaya Bakal Jadi Gulali Publik Kota Pahlawan saat Timnas Indonesia Tampil di GBT

Bola.com, Surabaya - Timnas Indonesia akan segera melakoni partai pertama kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Bertindak sebagai tuan rumah, mereka akan berjumpa Timor Leste di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/9/2022) malam WIB.

Ajang ini cukup menjadi sorotan lantaran untuk pertama pertandingan internasional Timnas Indonesia digelar di markas Persebaya Surabaya tersebut. Masyarakat Surabaya tentu menyambut antusias pertandingan ini.

Demi menggelar ajang ini, Pemkot Surabaya sudah melakukan perbaikan. Akses jalan menuju Stadion GBT memang menjadi isu yang selalu diperbincangkan karena keterbatasan.

Hanya satu jalur yang bisa digunakan, yakni dari Jalan Jawar. Kini sudah ada akses jalan tol yang lebih dekat ke stadion berkapasitas 46 ribu penonton itu.

2 dari 5 halaman

Stadion Megah

Stadion GBT sendiri sudah mengalami renovasi sejak 2020 lantaran juga dipersiapkan sebagai salah satu tempat untuk tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Banyak perubahan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya.

Perbedaan besar terdapat pada tribune penonton dengan pemasangan single seat yang berdampak pada kapasitas stadion. Sebelumnya, tribune ekonomi tidak menggunakan single seat sehingga suporter bebas melompat sambil bernyanyi.

Sebelumnya, kandang Persebaya Surabaya mampu menampung hingga 50 ribu penonton. Sekarang jumlah itu berkurang menjadi 46.806 penonton, dengan rincian 41.806 kursi ekonomi, dan lima ribu sisanya tribune VIP.

3 dari 5 halaman

Persaingan di Grup F

Timnas Indonesia sebagai tuan rumah tercatat bergabung dengan Grup F yang diisi juga oleh Hong Kong, Vietnam, dan Timor Leste.

Timnas Indonesia sendiri kini sedang melakoni pemusatan latihan untuk Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Putaran final turnamen tersebut akan digelar di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023 mendatang.

Menariknya, ada dua pemain Persebaya Surabaya dalam skuat Timnas Indonesia U-20. Dua nama ini tentu akan jadi gulali untuk mendatangkan massa dalam ajang internasional ini. Simak ulasan Bola.com berikut:

4 dari 5 halaman

Aditya Arya

Sosok satu ini masih asing di telinga pecinta sepak bola nasional. Maklum saja, Aditya Arya masih berusia 18 tahun. Penjaga gawang muda ini juga baru direkrut Persebaya sejak musim ini dan belum tampil di BRI Liga 1 2022/2023.

Menariknya, Aditya Arya merupakan penjaga gawang asal Pakis, Malang. Dia disebut-sebut sebagai The Next Kurnia Meiga itu. Namun, kemampuannya belum terlihat dalam kompetisi resmi.

Statusnya di Persebaya sendiri merupakan kiper kelima setelah Satria Tama, Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramadhani, dan I Gede Dida Diatmika.

Aditya Arya sendiri harus bersaing dengan Cahya Supriadi untuk mendapat tempat sebagai penjaga gawang utama Timnas Indonesia U-20. Nama Cahya kemungkinan lebih dipercaya berkat tampil apik bersama Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 lalu.

5 dari 5 halaman

Marselino Ferdinan

Nama yang satu sudah tidak asing lagi. Pemain yang baru menginjak usia 18 tahun ini merupakan tulang punggung Persebaya serta Timnas Indonesia berbagai kelompok usia hingga senior.

Performanya terus berkembang hingga mampu meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik di Liga 1 2021/2022. Marselino Ferdinan tercatat tampil dalam 24 pertandingan dan mencetak empat gol serta tujuh assist. Ingat, usianya saat itu masih 17 tahun.

Namanya kembali jadi perbincangan dalam Kualifikasi Piala Asia 2023 saat melawan Nepal, 15 Juni 2022. Di laga itu, Timnas Indonesia mampu menang dengan skor mencolok 7-0 sekaligus memastikan tiket ke putaran final Piala Asia 2023.

Marselino Ferdinan menjadi pencetak gol ketujuh Timnas Indonesia di laga ini. Dia memanfaatkan dengan baik assist dari Muhammad Rafli di menit ke-90. Menariknya, gol ketujuh ini dicetak oleh pemain bernomor punggung tujuh.

Tapi, bukan hanya itu saja yang jadi perbincangan. Marselino Ferdinan tercatat sebagai pencetak gol termuda di kualifikasi Piala Asia 2023. Dia pun juga jadi pencetak gol termuda untuk Timnas Indonesia senior.

Saat memasukkan gol ke gawang Nepal itu usia Marselino adalah 17 tahun, 9 bulan, 5 hari. Menariknya lagi, itu merupakan gol perdana pemain Persebaya Surabaya tersebut bersama skuat Garuda sejak debut pada 27 Januari 2022.

Kini, pelatih Shin Tae-yong tentu berharap banyak kepada Marselino untuk bisa membawa Timnas Indonesia U-20 lolos dari Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Apalagi, statusnya sebagai tuan rumah di kandang Persebaya pada 14-18 September 2022.

Video Populer

Foto Populer